Breaking News:

Edi Kamtono Harap Tingkat Hunian Pasien Covid-19 di Rumah Sakit Menurun

Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono menyampaikan, bahwa Pemerintah Kota Pontianak terus memonitoring perkembangan kasus Covid-19 di Kota Pontianak.

Penulis: Muhammad Rokib | Editor: Hamdan Darsani
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/Rokib
Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Tingkat hunian pasien Covid-19 di rumah sakit di Kota Pontianak terjadi peningkatan hingga 80 persen.

Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono menyampaikan, bahwa Pemerintah Kota Pontianak terus memonitoring perkembangan kasus Covid-19 di Kota Pontianak

Bahkan, diakuinya memang untuk saat ini Bed Occupancy Ratio (BOR) atau tingkat hunian di rumah sakit terjadi peningkatan. Hal tersebut di diduga akibat liburan lebaran idul Fitri kemarin.

Kendati demikian, Edi mengatakan, bahwa pihaknya sudah mempersiapkan beberapa langkah antisipasi lonjakan kasus Covid-19.

Baca juga: Sidiq Handanu Sebut Angka Positivity Rate Covid-19 Kota Pontianak Meningkat Hingga 30 Persen

Salah satu diantaranya adalah mempersiapkan rumah karantina di Rusunawa Nipah Kuning dan RSUD Kota Pontianak serta puskesmas. 

"Bagi pasien terutama yang tanpa gejala, jika memungkinkan bisa diisolasi di Rusunawa atau isolasi mandiri di rumah baik juga, asal tetap menjaga isolasi supaya tidak menyebar ke keluarga atau tetangga yang lain. Yang paling penting bagaimana menjalani isolasi secara ketat agar tidak menularkan ke orang lain," katanya.

Lebih lanjut diungkapkan Edi, terkait penambahan tempat tidur, pihaknya masih terus melihat perkembangan kasus covid-19. 

Hal tersebut dikarenakan, bukan hanya tempat tidur saja yang harus dipersiapkan, namun juga untuk fasilitas lainnya harus dipersiapkan. 

"Apalagi adanya keterbatasan ruangan yang mana pelayanan di rumah sakit tersebut tidak hanya melayani pasien Covid-19 saja, tetapi juga pasien yang mengidap penyakit lainnya. Kita berharap pasien-pasien Covid-19 yang sembuh lebih banyak lagi," ucap Edi Rusdi Kamtono.

Ia berharap agar tingkat hunian pasien Covid-19 di rumah sakit tidak terjadi peninggalan hingga 100 persen. Bahkan dirinya mengharapkan ada penurunan.

"Saya berharap-mudah mudahan ini tidak terus sampai 100 persen. Bahkan harapan kita tingkat hunian bisa turun di bawah 60 persen supaya ada ketersediaan tempat tidur," ungkapnya. (*)

(Update Informasi Seputar Kota Pontianak)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved