Breaking News:

Panit Sabhara Polsek Paloh Pimpin Penyemprotan di Titik Karhutla Desa Mentibar

Diperkirakan lahan yang terbakar cukup luas, yang mencapai kurang lebih 10 hektare.

Dok. Polres Sambas
Panit Sabhara Polsek Paloh IPTU Sukimin memimpin langsung pelaksanaan upaya pendinginan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Desa Mentibar Kecamatan Paloh, Selasa 1 Juni 2021. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SAMBAS - Panit Sabhara Polsek Paloh IPTU Sukimin memimpin langsung pelaksanaan upaya pendinginan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Desa Mentibar Kecamatan Paloh, Selasa 1 Juni 2021.

Sebagaimana diketahui, kebakaran lahan kebun milik masyarakat Desa Mentibar tersebut telah berlangsung sejak beberapa hari yang lalu.

Oleh sebab itu, tim gabungan dari Polri, TNI, Manggala Agni, KPH, Kecamatan, Desa dan MPA telah melakukan pemadaman dan berupaya melakukan pendinginan di titik api.

Upaya pendinginan berlangsung sudah 3 hari sejak hari Minggu 30 Mei 2021, hingga hari ini. Diperkirakan lahan yang terbakar cukup luas, yang mencapai kurang lebih 10 hektare.

Baca juga: Antisipasi Karhutla, Manggala Agni Daops Ketapang Gelar Patroli Terpadu

Hal ini bertujuan agar lahan pasca kebakaran tidak muncul menjadi titik api kembali, dengan menggunakan alat mesin Robin 6 unit dan alat semprot 20 unit.

Adapun hambatan yang dialami oleh tim gabungan di lapangan, menurut Panit Sabhara Polsek Paloh IPTU Sukimin, bahwa areal pasca kebakaran yang cukup luas, minimnya debit air dan jaraknya cukup jauh guna melancarkan upaya pemadaman.

Kemudian, struktur tanah adalah jenis Gambut,lahan merupakan kebun karet, nanas dan sawit serta adanya semak belukar cukup tebal, sehingga sulit untuk mendekati lokasi.

Parahnya lagi, di titik koordinat Hotspot tersebut sangat sulit mendapat jaringan sinyal telephone seluler mengakibatkan keterbatasan komunikasi, sehingga terkendala dalam pengiriman laporan.

"Saat ini Meskipun api sudah padam dan hanya tinggal melakukan pendinginan, namun petugas kepolisian tetap melakukan upaya pemadaman dan penyelidikan lebih lanjut," ujarnya.

Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved