Bupati Citra: Pembangunan Bandara Tinggal Tunggu Penlok Kemenhub

"Dimana saat ini tinggal melaksanakan pembayaran dan ini akan terus kita lakukan," kata Citra dalam siaran pers resminya, Rabu 26 Mei 2021.

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/Adelbertus
Bupati Kayong Utara, Citra Duani. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KAYONG UTARA - Bupati Kayong Utara, Citra Duani mengatakan tahap pembangunan Bandara Sukadana saat ini tinggal menunggu Penetapan Lokasi (Penlok) dari Kementerian Perhubungan.

Seiring dengan itu, Citra menyebut Pemerintah Daerah juga tengah menggodok proses pembebasan lahan.

Hal ini diutarakan Citra dalam presentasinya di hadapan Direktur Transportasi Bappenas, Ikhwan Hakim di Kantor Bappenas, Jakarta, Selasa 25 Mei 2021.

"Dimana saat ini tinggal melaksanakan pembayaran dan ini akan terus kita lakukan," kata Citra dalam siaran pers resminya, Rabu 26 Mei 2021.

Citra menyebut Pemerintah Daerah telah berupaya melengkapi seluruh persyaratan yang diminta.

Baca juga: Bupati Citra Duani dan Forkopimda Kayong Utara Rakor Bersama Presiden Jokowi, Ini Pembahasannya

"Dan saat ini tinggal menunggu keputusan Menteri Perhubungan tentang Penlok Bandara Sukadana," ungkap Citra.

Keberadaan Bandara, menurut Citra, sangat penting karena dapat membuka keterisolasian daerah, memperlancar konektivitas transportasi wilayah, mendukung kawasan pengembangan ekonomi nasional, serta percepatan pertumbuhan ekonomi.

"Sampai saat ini kita sudah memenuhi hampir seluruh persyaratan yang harus dipenuhi berdasarkan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 20 Tahun 2014 sebagaimana yang terakhir diubah dengan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 64 Tahun 2018," papar Citra.

Citra melanjutkan, Kabupaten Kayong Utara juga telah mendapat dukungan dari DPD RI, dan rekomendasi dari TNI Angkatan Udara.

Citra juga menyebut dukungan Pemerintah Provinsi Kalbar juga sangat besar terkait pembangunan Bandara.

Hal ini menurutnya terbukti dengan terbitnya Surat Rekomendasi Gubernur Kalbar tentang persetujuan rencana lokasi Bandara.

"Selain itu, Pemprov Kalbar juga telah mendukung dengan mengalokasikan anggaran untuk penyusunan dokumen AMDAL Bandara Sukadana pada tahun 2021 ini," jelas Citra. (*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved