Breaking News:

Pemprov Kalbar Berikan Test GeNose Gratis kepada Santri Asal Kalbar yang Akan Pulang ke Pesantren

Hal tersebut menindaklanjuti arahan Ketua Satgas Provinsi Kalbar, H Sutarmidji sejak hari ini yang dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar u

Penulis: Anggita Putri | Editor: Hamdan Darsani
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Diskes Kalbar melakukan Test GeNose gratis bagi Santri asal Kalimantan Barat yang akan kembali Mondok ke luar yang berlangsung di Bandara Supadio, Jumat 21 Mei 2021 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Santri asal Kalimantan Barat yang akan kembali Mondok ke luar Kalbar akan dilakukan Test GeNose gratis di Bandara Supadio. 

Hal tersebut menindaklanjuti arahan Ketua Satgas Provinsi Kalbar, H Sutarmidji sejak hari ini yang dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar untuk melaksanakan test GeNose gratis bagi santri yang akan kembali mondok ke luar Kalbar. 

Pelayanan Test GeNose bagi santri yang akan kembali mondok ke luar Kalbar ini dilaksanakan di Bandara Supadio.

“Hari ini kita melaksanakan test terhadap santri, calon penumpang pesawat udara sebanyak 142 orang yang berasal dari Pondok Pesantren Gontor Jatim,”ujar Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar Harisson kepada awak media, Jumat 21 Mei 2021.

Baca juga: Vaksinasi Lansia Masih Rendah, Harisson Sebut Kasus Konfirmasi Meninggal Kelompok Lansia Mendominasi

Harisson mengatakan test GeNose yang diberikan secara gratis terhadap para santri asal Kalbar dengan harapan dapat meringankan biaya para santri untuk kembali mondok di luar Kalbar.

 “Kita berharap agar mereka semua negatif sehingga dapat terbang ke Jawa atau ke daerah lain tempat mereka nyantri, “harapnya.

Namun ia menegaskan untuk masuk Kalbar melalui jalur Bandara  harus tetap membawa surat PCR yang berlaku 3x 24 jam sejak pengambilan spesimen.

“Kalau keluar kalbar boleh menggunakan hasil test GeNose C-19,”ucapnya.

Hal ini sesuai dengan Addendum SE Kasatgas Pusat No. 13 tahun 2021 dimana pelaku perjalanan transportasi udara wajib menunjukkan salah satu nya surat keterangan hasil negatif tes GeNose C19 di Bandara Udara sebelum keberangkatan sebagai persyaratan perjalanan dan mengisi e-HAC Indonesia.

“Makanya kami melaksanakan pelayanan tes GeNose C19 gratis bagi santri yang akan terbang di Supadio. Tidak dilakukan di tempat lain,”tegasnya.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved