Masyarakat Pontianak Gelar Aksi Bela Palestina, Anggota DPRD Kalbar Ikut Galang Dana Bantu Palestina

Hal ini terungkap saat Aliansi Umat Islam Kalbar yang terdiri dari berbagai ulama, habaib hingga Sultan Pontianak, Syarif Machmud Melvin Alkadri berau

Penulis: Ridho Panji Pradana | Editor: Hamdan Darsani
TRIBUNPONTIANAK/Ridho Panji Pradana
Aliansi Umat Islam Kalbar saat menggelar Audiensi di DPRD Provinsi Kalbar, Jumat 21 Mei 2021. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Atas dasar kemanusiaan, berbagai unsur masyarakat yang ada di Kalbar menggelar aksi untuk Palestina. Tidak hanya aksi, para anggota DPRD Provinsi Kalbar juga menggalang dana untuk membantu masyarakat Palestina yang terdampak agresi militer.

Hal ini terungkap saat Aliansi Umat Islam Kalbar yang terdiri dari berbagai ulama, habaib hingga Sultan Pontianak, Syarif Machmud Melvin Alkadri beraudiensi di kantor DPRD Provinsi Kalbar.

Kedatangan mereka disambut oleh para pimpinan DPRD Provinsi Kalbar, dan pimpinan fraksi serta anggot yang ada.

Baca juga: Suarakan Kemerdekaan Palestina, Sejumlah Massa di Pontianak Gelar Aksi Teatrikal Bela Palestina

"Pada intinya, dengan situasi lebaran kita silaturahim, dan dari silaturahim ini kita mencurahkan isi hati kita kepada DPRD mengenai saudara-saudara kita yang ada di Palestina," kata Sultan Pontianak, Syarif Machmud Melvin Alkadri, Jumat 21 Mei 2021.

"Jihad kita secara donasi, membantu saudara kita yang ada di Palestina. Kita di Aliansi Umat Islam Kalbar yang terdiri dari ustaz, kyai, kita sudah berdonasi, setelah itu kita mengajak DPRD untuk bersama-sama membantu saudara kita di Palestina," tambahnya.

(Update Informasi Seputar Kota Pontianak)

Ditempat yang sama, Wakil Ketua DPRD Provinsi Kalbar, Sy Amin Muhammad menyambut baik kedatangan para ulama ini.

DPRD dikatakannya juga akan berdonasi membantu masyarakat Palestina yang sedang terdampak akibat agresi militer.

"Saya mengapresiasi sekali dan menyambut baik aliansi umat Islam Kalbar, prihatin dengan kondisi Palestina, atas dasar kemanusiaan, kami di DPRD juga berdonasi untuk membantu masyarakat di Palestina," ujarnya.

"Atas nama pimpinan DPRD mengimbau dan mengajak berbagai unsur yang peduli dan terketuk hatinya saudara kita di Palestina. Kita tidak bicara tentang agama, namun kita bicara kemanusiaannya, ada wanita dan anak-anak yang jadi korban agresi Israel," tambah Sy Amin.

Sementara itu, Ketua Fraksi PKS-PPP Arif Joni mengimbau penggalangan dana untuk Palestina menyusul teror, intimidasi dan serangan oleh Israel.

"Konstitusi kita mengamanahkan bahwa kemerdekaan itu adalah hak segala bangsa. Oleh sebab itu penjajahan diatas dunia harus dihapuskan," ujarnya.

"Karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan keadilan. Bentuk dari menjalankan amanah konstitusi adalah menggalang dana bantuan untuk penderitaan rakyat Palestina. Ini dalam rangka meringankan beban saudara-saudara kita. Saya mengimbau untuk semua bisa bahu membahu membantu Palestina," paparnya.

Arif pun mengutuk keras agresi Israel terhadap Palestina. Atas alasan kemanusiaan atas alasan konstitusi, baiknya kita sebagai masyarakat dikatakannya membantu tragedi yang terjadi di Palestina.

"Kita semua berharap agar bumi Palestina segera damai, aman dan merdeka serta sebagai bangsa yang berdaulat dan bermartabat," harapnya.

Untuk diketahui, aksi damai untuk Palestina ini tidak hanya di kantor DPRD Provinsi Kalbar. Aksi ini juga digelar berbagai ormas di halaman Taman Tugu Digulist Kota Pontianak.

Satu diantara organisasi masyarakat berbasis hobby juga turun. Adalah Pengprov IMI Kalbar.

"Saya Ketua IMI Kalbar sangat mengutuk keras atas kekejaman tentara Israel yang telah membunuh rakyat sipil Palestina terlebih korbannya ada anak-anak. Semoga Pemerintah Indonesia bisa melakukan tindakan baik berupa bantuan kemanusiaan dan bantuan mendesak PBB untuk menindak Israel terhadap warga Palestina tentang kekerasan HAM," kata Ketua Pengprov IMI Kalbar, Yuliansyah. (*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved