Breaking News:

Kepala Bank Indonesia Harapkan BPR Berperan Besar Dalam Penyaluran Kredit Sektor Produktif

Untuk itu diharapkan peran lebih besar dari BPR melalui penyaluran kredit di sektor produktif untuk membantu pemerintah provinsi kalimantan barat

TRIBUN PONTIANAK/ANESH VIDUKA
Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia provinsi Kalimantan Barat,Agus Chusaini. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Dampak pandemi dirasakan oleh berbagai sektor di wilayah Kalimantan Barat, dari sektor berskala besar hingga Usaha MIkro Kecil dan Menengah atau UMKM.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kalimantan Barat, Agus Chusaini, mengatakan saat ini pemerintah dan otoritas terkait lainnya, seperti Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan telah mengambil berbagai kebijakan dalam rangka Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Hari BPR/BPRS 2021, Sutarmidji Usul Pemda Punya BPR Sehingga Memudahkan Akses Permodalan UMKM

"Termasuk untuk membantu UMKM yang terdampak," kata Agus Chusaini.

Pada periode PEN ini, khususnya di wilayah Kalimantan Barat (Kalbar), pemerintah dan otoritas tidak dapat berjalan sendiri.

Paolus Hadi Pesan Agar Masyarakat Gunakan Layanan BPR Untuk Usaha

Perlu ada sinergi dengan pihak lain khususnya perbankan mengingat peran vital perbankan sebagai lembaga intermediasi.

"Bank Perkreditan Rakyat (BPR) dengan keunggulan lokasi dan kedekatan interaksinya dengan masyarakat memiliki peran yang signifikan dalam mendorong peningkatan kredit," jelasnya.

Baca juga: Hari BPR/BPRS 2021, Kepala OJK Kalbar Harap Lebih Ekspansif Dalam Penyaluran Kredit

Dengan aksesibilitas yang luas serta kemampuan menjangkau masyarakat, termasuk sektor produktif seperti UMKM, BPR memiliki keunggulan dibandingkan bank umum.

"Untuk itu diharapkan peran lebih besar dari BPR melalui penyaluran kredit di sektor produktif untuk membantu pemerintah provinsi kalimantan barat dalam melakukan percepatan PEN di Kalimantan Barat," harapnya.

Penulis: Nina Soraya
Editor: Nina Soraya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved