Breaking News:

Digitalisasi UMKM, Strategi Jitu Usaha Maju

Ia menjelaskan jika digitalisasi saat ini memegang peranan penting untuk para pelaku UMKM karena terdampak pandemi.

Penulis: Rizki Fadriani | Editor: Try Juliansyah
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/Tribun
Tribun Pontianak Official Podcast (Triponcast) menghadirkan Wakil Ketua Umum DPC IWAPI Kota Pontianak, Sulastri S.PD.I, M.PD dan Owner Rimba Souvernir, Umi Husnah Dewi, S Hut. Dalam edisi Bebincang Bisnis kali ini, Tribun mengangkat tema mengenai "Digitalisasi UMKM, Strategi Jitu Usaha Maju", Rabu 19 Mei 2021. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Pandemi Covid 19 yang masih menghantam dunia, kini mengharuskan setiap orang dapat berinovasi untuk bertahan.

Satu di antara sektor yang dihantam oleh pandemi ini ialah sektor ekonomi dan tak terkecuali para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

Untuk itu, Tribun Pontianak Official Podcast (Triponcast) menghadirkan Wakil Ketua Umum DPC IWAPI Kota Pontianak, Sulastri S.PD.I, M.PD dan Owner Rimba Souvernir, Umi Husnah Dewi, S Hut.

Dalam edisi Bebincang Bisnis kali ini, Tribun mengangkat tema mengenai "Digitalisasi UMKM, Strategi Jitu Usaha Maju" sebagai sebuah solusi untuk pelaku UMKM di tengah pandemi.

Baca juga: Tips Memulai Bisnis Online agar Sukses

Owner Rimba Souvernir, Umi Husnah Dewi, S Hut, menceritakan awal perjalanan bisnisnya di dunia perlengkapan pernikahan.

Bisnis yang bermula dari berjualan souvernir, kini kian berkembang dengan slogan "one stop wedding shopping", namun perjalanan bisnisnya tentu tak selalu berjalan mulus. Badai besar menghantam ketika Covid-19 menyapu dunia.

(Informasi terbaru dari Pontianak)

Yang awalnya berjualan secara offline, kini menjadikan Rimba Souvernir memasarkan produknya melalui online dengan memanfaatkan digitalisasi.

Ketika ditanyai manfaat berjualan secara online, ia meyakinkan jika berjualan secara online lebih menguntungkan dengan hasil yang signifikan bahkan dapat mendongkrak penjualan 3 hingga 4 kali lipat.

"Karena ini dapat meminimalisir pengeluaran, kita tidak perlu menyewa tempat, cukup dengan foto yang menarik, orang juga bisa melihat. Dan jangkauannya tidak hanya di Pontianak, bahkan seperti bunga telur saya dikirim sampai ke Batam, sampai ke luar kota. Ini sangat saya rasakan manfaat digitalisasi," ceritanya, Rabu, 19 Mei 2021.

Wakil Ketua Umum DPC IWAPI Kota Pontianak, Sulastri S.PD.I, M.PD, yang turut hadir dalam podcast yang berdurasi lebih kurang satu jam tersebut, memaparkan jika pandemi bukanlah halangan untuk menjemput kesusksesan.

Ia menjelaskan jika digitalisasi saat ini memegang peranan penting untuk para pelaku UMKM karena terdampak pandemi.

Ia menceritakan jika pada awal pandemi pelaku UMkM sangat terdampak, karena tak terbiasa memanfaatkan dunia digital untuk memasarkan produk dan ketika pandemi datang, otomatis para pelaku UMKM diharuskan beralih dari penjualan secara offline ke online untuk tetap bertahan.

Baca juga: Wiji Wijaya Fokus bisnis Kuliner Bakwan Juwarak 

Menurutnya dengan adanya digitalisasi sangat membantu dan menjadi satu di antara alternatif maupun solusi yang memang mengharuskan pelaku UMKM untuk memanfaatkannya.

"Akhirnya digitalisasi dapat membantu. Itu dapat menjadi budaya yang lebih efisien dibandingkan penjualan secara offline, karena bisa dilakukan kapanpun, gimanapun dan dapat menekan biaya operasional," jelasnya. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved