Breaking News:

Kadisporapar Kalbar minta Dispora Kabupaten/Kota Tak Lengah & Terus Kordinasi dengan Satgas Covid-19

Bila perlu sediakan area khusus atau ruang tunggu bagi pengemudi dilengkapi fasilitas cuci tangan, dan tisu serta jarak minimal 1 meter

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ISTIMEWA
Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Kalbar, Windy Prihastari. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kalbar, Windy Prihastari meminta Kadispora Kabupaten kota Se-Kalbar untuk berkordinasi dengan Satgas Covid-19 dalam pengelolaan tempat wisata dengan penerapan prokes yang ketat. 

Ia mengingatkan agar Dispora kabupaten kota Se-Kalbar jangan lengah dalam mengingatkan para pengelola wisata maupun edukasi dan sosialisasi kepada pengunjung tempat wisata untuk menerapkan prokes yang ketat. 

Dikatakannya bahwa apa yang menjadi aturan pusat akan diikuti oleh Provinsi maupun kabupaten kota dalam pencegahan dan pengendalian covid-19 di daerah masing-masing, khususnya dalam hal ini dibidang pariwisata.

“Maka dari itu Dispora kabupaten kota harus terus berkordinasi dengan Satgas Covid-19 untuk pengelolaan tempat wisata yang taat prokes,” ujar Windy Prihastari, Selasa 18 Mei 2021.

Baca juga: Cegah Penyebaran Covid-19, Polres Sekadau Lakukan Disinfeksi

Gubernur Kalbar juga sudah mengeluarkan dalam Surat Edaran Nomor 556/2755/DISPORAPAR-D tentang penerapan prokes dalam berwisata pada tatanan kehidupan baru untuk mencegah dan mengendalikan Corona Virus. 

Tujuan diterbitkannya SE tersebut pada 15 Oktober 2020 lalu adalah untuk meningkatkan upaya pencegahan covid-19 bagi masyarakat di Destinasi wisata dalam rangka mencegah terjadinya kluster baru selama masa pandemi Covid-19.

“Tujuan lainnya juga telah disebutkan bahwa untuk meningkatkan dukungan kerjasama antar Pemda, lintas sektor, dunia usaha, seluruh pemangku kepentingan terkait pencegahan dan pengendalian corona di Destinasi wisata,” jelasnya Windy Prihastari.

Para pelaku usaha maupun pariwisata harus menerapkan protokol kesehatan sesuai SOP kesehatan, pedoman new normal aktivitas sektor usaha dan jasa pariwisata bagi penyelenggara kegiatan guna meminimalisir resiko penyebaran covid-19 akibat berkumpulnya orang dalam satu lokasi.

Prokes dalam pencegahan dan pengendalian covid-19 di Destinasi Wisata mulai dari area pintu masuk yakni sediakan aturan pengelolaan arus lalu lintas dan kerumunan diarea parkir.

“Bila perlu sediakan area khusus atau ruang tunggu bagi pengemudi dilengkapi fasilitas cuci tangan, dan tisu serta jarak minimal 1 meter,” ucap Windy Prihastari.

Halaman
12
Penulis: Anggita Putri
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved