Breaking News:

Pemkab Kapuas Hulu Ingatkan Desa Jadikan Bumdes Wahana untuk Dongkrak Ekonomi Masyarakat

Bumdes merupakan salah satu badan usaha milik desa, yang tertuang dalam undang-undang nomor 6 tahun 2014 tentang desa, sehingga disana banyak bicara t

TRIBUNPONTIANAK/Sahirul Hakim
Kepala Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Kapuas Hulu, Alifiansyah. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KAPUAS HULU - Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Kapuas Hulu, Alfiansyah mengingatkan seluruh desa agar Bumdes menjadi wadah ekonomi, untuk membantu masyarakat yang kurang mampu di desa.

"Bumdes sendiri memiliki dua fungsi yaitu fungsi ekonomi dan sosial, fungsi ekonomi untuk mendapatkan laba, sehingga bisa menghasilkan PAD walapun hanya sedikit, fungsi sosial nya memperhatikan orang - orang yang kurang mampu, sehingga bisa membantu hal yang strategis dalam penuntasan kemiskinan di desa tersebut," ujarnya kepada wartawan, Senin 17 Mei 2021.

Dijelaskannya, Bumdes merupakan salah satu badan usaha milik desa, yang tertuang dalam undang-undang nomor 6 tahun 2014 tentang desa, sehingga disana banyak bicara tentang Bumdes.

Baca juga: Pimpin Apel Pagi Pasca Idul Fitri 1442 H & Kenaikan Isa Al Masih, Ini Harapan Kapolres Kapuas Hulu

"Dimana tata cara pendirian Bumdes sudah diatur oleh kementrian desa, sehingga desa harus mengacu ke hal tersebut, adapun fungsi pihaknya menyampaikan regulasi yang telah dibuat oleh kementrian tentang Bumdes, dan penggunanya ada lah desa yang bersangkutan," ucapnya.

Alifiansyah menuturkan, mendirikan Bumdes juga ada musyawarah desa, didirikan Bumdes untuk usaha apa, kemudian ada kajian semacam proposal bisnis.

"Di desa juga ada pendamping desa, sehingga bisa memberikan masukan - masukan kepada desa, tentang Bumdes ingin bergerak di bidang usaha apa, yang bersumber dananya dari dana desa," ujarnya.

Selain itu juga katanya, boleh juga dari dana pihak lain kalau memang ada pihak lain, yang punya rasa ingin bergabung dalam usaha membesarkan Bumdes.

"Diharapkan desa mampu menjadi wadah ekonomi, untuk membantu masyarakat yang kurang mampu di desa," ungkapnya. (*)

Penulis: Sahirul Hakim
Editor: Hamdan Darsani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved