Breaking News:

Pasca Ramadan dan Idul Fitri Kasus Covid-19 di Pontianak Menurun, Ini Penyebabnya

"Tapi bukan ukuran bahwa angka penularan covid-19 yang baru ini rendah, hanya saja memang angka pemeriksaan yang turun," kata Handanu

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/Rokib
Kepala Dinas Kesehatan Kota Pontianak, Sidiq Handanu. Oki 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Kepala Dinas Kesehatan Kota Pontianak, Sidiq Handanu menyampaikan, selama empat hari lebaran capaian hasil pemeriksaan laboratorium terjadi penurunan. Kemudian ia juga mengatakan, bahwa dibeberapa puskesmas juga tidak melakukan tracing, lantaran libur lebaran, sehingga dikatakannya, dalam tiga hari terakhir ini di Kota Pontianak kasus positif covid-19 menurun.

"Tapi bukan ukuran bahwa angka penularan covid-19 yang baru ini rendah, hanya saja memang angka pemeriksaan yang turun," kata Handanu, Senin 17 Mei 2021.

Untuk itu, Handanu mengatakan, setelah lebaran ini akan dilakukan peningkatan pengawasan dan pemeriksaan sesuai dengan standar sebagaimana yang diperkirakan oleh Ahli Epidemiologi akan ada kenaikan kasus Covid-19 setelah Ramadan dan lebaran idul Fitri.

"Sehingga kita diminta agar melakukan langkah-langkah untuk mengantisipasi kenaikan pasien, baik di rumah sakit ataupun di tempat isolasi. Maka upaya yang akan dilakukan, kita akan melakukan rapat koordinasi dengan rumah sakit, akan menghitung kapasitas ruang isolasi. Karena kemarin saat kasus covid-19 menurun, ruangan isolasi sempat dikembalikan pada fungsinya. Maka jika ada kenaikan kasus akan dikembalikan lagi menjadi ruang isolasi," ujarnya.

Baca juga: Open House Ditiadakan, Wako Pontianak Jalin Silaturahmi Secara Virtual

Selain itu, pihaknya juga akan melakukan peningkatan tracing pada pemeriksaan swab test untuk mengetahui perkembangan kasus covid-19 di Kota Pontianak.

"Meningkatkan tracing pemeriksaan swab test 600-1000 sampel dalam seminggu, akan kita naikan lagi dan tidak kalah pentingnya juga mempercepat Vaksinasi Covid-19," jelasnya. (*)

Penulis: Muhammad Rokib
Editor: Try Juliansyah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved