Breaking News:

Presiden Jokowi Dijadwalkan Akan Resmikan Bandara Tebelian Kabupaten Sintang Kalimantan Barat

Peresmian kemarin sudah dua kali batal, secara virtual. Arahan presiden kemarin akan meresmikan secara langsung ke bandara tebelian

TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Presiden RI Joko Widodo dikabarkan akan meresmikan secara langsung Bandara Tebelian Sintang, yang berada di Kecamatan Sungai Tebelian, Kabupaten Sintang, Kalbar. Belum diketahui secara pasti kapan Presiden Jokowi akan berkunjung ke Kabupaten Sintang, untuk meresmikan bandara kebanggaan masyarakat di bumi senentang yang sudah dua kali gagal diresmikan secara virtual tersebut. Namun, keinginan Jokowi sudah diutarakan kepada Kementrian Perhubungan. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID,SINTANG - Presiden RI Joko Widodo dikabarkan akan meresmikan secara langsung Bandara Tebelian Sintang, yang berada di Kecamatan Sungai Tebelian, Kabupaten Sintang, Kalbar.

Belum diketahui pasti kapan Presiden Jokowi akan berkunjung ke Kabupaten Sintang, untuk meresmikan bandara kebanggaan masyarakat di bumi senentang yang sudah dua kali gagal diresmikan secara virtual tersebut. Namun, keinginan Jokowi sudah diutarakan kepada Kementrian Perhubungan.

"Peresmian kemarin sudah dua kali batal, secara virtual. Arahan presiden kemarin akan meresmikan secara langsung ke bandara tebelian," kata Kepala Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Tebelian, Patah Atabri, Minggu 16 Mei 2021.

Baca juga: Salat Idul Fitri dengan Prokes Ketat, Berikut Nama Petugas Salat Ied di Masjid Al Amin Sintang

Informasi yang diterima Patah Atabri, Presiden Jokowi akan meresmikan langsung Bandara Tebelian Sintang. Untuk jadwal pasti kapan, dia masih menunggu kabar dari protokoler istana.

"Masih menunggu informasi dari protokol istana. Infonya nanti peresmian langsung (oleh presiden jokowi)," kata Patah kepada Tribun Pontianak.

Sembari menunggu jadwan peresmian bandara dari Kemenhub, pihak bandara mempersiapkan dan memperbaiki sejumlah bandara. "Persiapan kami menyiapkan fasilitas yang ada, memperbaiki fasilitas, sambil menunggu informasi dari kemenhub," jelasnya.

Mentri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi memastikan pembangunan pemerintah pusat tidak hanya terfokus di pulau jawa, tapi di seluruh Indonesia untuk membangun konektivitas antar daerah termasuk di Kalimantan Barat.

"Indonesia itu besar sekali. Nawacita Presiden Jokowi itu adalah konektivitas, artinya menghubungkan satu daerah ke daerah lain. Saya sebagai pembantunya haris melakukan itu," kaya Budi Karya Sumadi saat berkunjung ke Kabupaten Sintang, menghadiri Program Padat Karya di Bandara Tebelian, awal tahun 2019.

Budi menyebut, Kabupaten Sintang yang berada di pulau Kalimantan sangat jauh dari ibu kota provinsi. Jika melalui jalur darat, jarak tempuh mencapai delapan jam perjalanan. Dengan adanya bandara, otomatis dapat memangkas jarak tempuh dan juga berdampak terhadap konektvitas.

"Sintang salah satu daerah di tengah kalimantan yang sebelumnya entah di mana itu, susah mencapainya. Oleh karena itu kita ingin sekali itu mudah dijangkau," ungkapnya.

Baca juga: Tahun Kedua Hari Jadi Kota Sintang di Tengah Pandemi, Bupati Jarot: Semoga Jadi Kota yang Beradab

Kedatangan Menghub ke Sintang untuk memastikan Bandara Tebelian sudah selesai dibangun dan berfungsi dengan baik. Hal ini untuk menunjukan bahwa pemerintah pusat tidak hanya membangun pulau jawa saja.

"Kita akan memperlihatkan kepada masyarakat bahwa pemerintah pusat konsen, kita bukan membangun jawa saja, tapi juga seluruh indonesia dengan hal itu, tujuan kita mempersatukan NKRI menjadi kenyataan," jelasnya. (*)

Penulis: Agus Pujianto
Editor: Hamdan Darsani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved