Breaking News:

Forkopincam Entikong Turun Langsung Cek Lokasi Banjir di Desa Nekan

Seperti diketahui, Hujan deras yang melanda wilayah Kecamatan Entikong, pada Rabu 12 Mei 2021 malam, mengakibatkan banjir bandang di Dusun Nekan dan D

TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Forkopincam Entikong saat mengecek lokasi banjir dan rumah warga yang mengalami rusak akibat banjir bandang di Dusun Nekan dan Dusun Grama Jaya, Desa Nekan, Kecamatan Entikong, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat, Kamis 13 Mei 2021 Sekitar pukul 00. 30 Wib. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SANGGAU- Kapolsek Entikong AKP Oloan Sihombing, Danramil Entikong Mayor Inf Arman Sulistiono, Sekcam Entikong, Kosmas Yul, Bhabinkamtibmas Desa Nekan Brigadir Polisi Jodi, Personil Piket Penjagaan Polsek Entikong dan Kepala Desa Nekan Bersama-sama mengecek lokasi banjir dan rumah warga yang mengalami rusak akibat banjir bandang di Dusun Nekan dan Dusun Grama Jaya, Desa Nekan, Kecamatan Entikong, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat, Kamis 13 Mei 2021 Sekitar pukul 00. 30 Wib.

Seperti diketahui, Hujan deras yang melanda wilayah Kecamatan Entikong, pada Rabu 12 Mei 2021 malam, mengakibatkan banjir bandang di Dusun Nekan dan Dusun Grama Jaya.

Ketinggian air sekitar 30 sampai 40 senti meter di beberapa titik di permukaan jalan, karena ada beberapa pintu bangunan rumah yang berada di bawah permukaan jalan.

Baca juga: Loka POM Sanggau Lakukan Intensifikasi Pengawasan pada Pangan Olahan Tanpa Izin Edar

Sekira pukul 02.00 Wib debit air akibat banjir di dua Dusun tersebut berangsur menurun dan masyarakat mulai membersihkan rumahnya yang terkena dampak banjir tersebut.

"Sehingga air mengalir masuk ke dalam rumah tersebut, Sehingga beberapa warga mengalami Barang-barangnya ada yang dipindahkan ke tempat yang lebih tinggi,"kata Kapolsek Entikong AKP Oloan Sihombing melalui telpon selulernya, Kamis 13 Mei 2021.

Kronologis kejadian, Lanjutnya, Pada pukul 22.00 Wib sampai dengan Pukul 00.00 wib terjadi hujan lebat khususnya di Dusun Nekan dan Dusun Grama Jaya Desa Nekan. Sehingga debit air hujan tinggi dan secara Tiba-tiba air yang mengalir di aliran sungai mengalami peningkatan volume yang cukup tinggi.

"Dan tidak lama meluap dan mengalir menggenangi beberapa pintu rumah warga yang bangunannya terletak di bawah permukaan jalan di dua dusun tersebut. Sehingga warga yg rumahnya masuk air berupaya mengamankan dan memindahkan ke tempat yang lebih tinggi,"jelasnya.

Kerugian Akibat banjir tersebut, lanjut Kapolsek, dua pintu rumah warga, dinding rumah bagian kamar mengalami rusak/jebol dan barang-barang rumah tangga terendam air. Satu pintu rumah warga mengalami sebagian dinding rusak retak.

"Diimbau kepada masyarakat agar tetap waspada untuk mengantisipasi adanya banjir susulan,"ujarnya. 

Selain itu, pihaknya juga melakukan pendataan kerusakaan rumah warga akibat banjir. Kemudian berkerja sama untuk membantu warga dalam  membersihkan sampah yang masih ada di pemukiman warga maupun di permukaan jalan akibat banjir tersebut.

Saat ini aktifitas warga di dua  Dusun tersebut yaitu Nekan dan Dusun Grama Jaya, Desa Nekan yang terdampak banjir sudah normal kembali. (*)

Penulis: Hendri Chornelius
Editor: Hamdan Darsani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved