Breaking News:

Tes Masuk Politap Jalur SBMPN Bisa Dari Rumah, Berikut Caranya

Politeknik Negeri Ketapang (Politap) memanfaatkan penerapan Computer Based Test (CBT) untuk penerimaan jalur SBMPN ini

Penulis: Nur Imam Satria
Editor: Try Juliansyah
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/Istimewa
Jadwal Penerimaan mahasiswa baru Politeknik Negeri Ketapang (Politap) untuk jalur Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri (SBMPN). Foto istimewa 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KETAPANG - Penerimaan mahasiswa baru Politeknik Negeri Ketapang (Politap) untuk jalur Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri (SBMPN) dibuka 10 Mei sampai dengan 10 Juni 2021.

Seleksi masuk akan dilaksanakan pada tanggal 12 Juni 2021 dengan menggunakan Computer Based Test (CBT).

Direktur Politap Endang Kusmana yang didampingi Wakil Direktur I Adha Panca Wardhanu menyampaikan berdasarkan kesepakatan rapat Forum Direktur Politeknik Negeri se-Indonesia (FDPNI) yang dilaksanakan pada tanggal 5 Mei 2021 telah disepakati pelaksanaan seleksi masuk diserahkan kepada masing-masing Politeknik, baik melalui UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer) atau portofolio.

"Politeknik Negeri Ketapang (Politap) memanfaatkan penerapan Computer Based Test (CBT) untuk penerimaan jalur SBMPN ini. Politap sudah mulai menerapkan CBT sejak Tahun 2020 dalam sistem seleksi jalur mandiri," kata Endang, Rabu 12 Mei 2021.

Baca juga: Bupati Citra Tinjau Posko Siduk, 2 Warga Ketapang Ditemukan Positif Tes Antigen

Menurut Endang dengan metode CBT dimungkinkan peserta seleksi melakukan tes masuk dari rumah sesuai dengan semangat pencegahan penyebaran covid-19.

Namun, lanjut Endang, jika ada keterbatasan dan keraguan terhadap fasilitas teknologi informasi maupun kekuatan sinyal, pihak kampus menyiapkan laboratorium computer dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

Selanjutnya, Endang menjelaskan, bahwa digitalisasi yang saat ini dilakukan di Politeknik Negeri Ketapang bertujuan untuk memberikan akses seluas-luasnya kepada masyarakat terutama yang ada di daerah terluar atau desa-desa terluar untuk mendapatkan layanan pendidikan tinggi.

"Layanan pendidikan tinggi ini yang berkolaborasi dengan industri dengan kemudahan mendapat layanan secara digital. Seluruh layanan untuk mahasiswa dilakukan di gadget mahasiswa masing-masing," jelasnya.

Sementara itu, Wadir I Adha Panca Wardhanu menyampaikan bahwa SBMPN Tahun 2021 ini diberikan kesempatan kepada lulusan SLTA untuk program studi Diploma III yaitu Prodi DIII Agroindustri, DIII Teknologi Pengolahan Hasil Perkebunan, DIII Teknik Informatika, DIII Perawatan dan Perbaikan Mesin, DIII Teknik elektro, DIII Teknik Pertambangan.

Menurut Danu, persyaratan dan mekanisme penerimaan mahasiswa baru jalur SBMPN 2021 dapat dilihat melalui layanan website : https://pmb.politap.ac.id. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved