Breaking News:

Ramadan 2021

Zakat Berapa Kg? Ini Tata Cara Zakat Fitrah dan Doanya, Lengkap Niat Zakat Fitrah Arab dan Latin

Zakat fitrah ialah zakat diri yang diwajibkan atas diri setiap individu laki-laki maupun perempuan muslim yang berkemampuan sesuai syarat-syarat....

Editor: Mirna Tribun
surya.id
Tata Cara Zakat Fitrah dan Doanya. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID – Zakat fitrah ialah zakat diri yang diwajibkan atas diri setiap individu laki-laki maupun perempuan muslim yang berkemampuan sesuai syarat-syarat yang ditetapkan.

Setiap muslim diwajibkan untuk mengeluarkan zakat fitrah untuk dirinya, keluarganya dan orang lain yang menjadi tanggungannya baik orang dewasa, anak kecil, laki-laki maupun wanita. 

Zakat fitrah wajib hukumnya bagi setiap muslim selama bulan Ramadhan, sebelum Idul Fitri 1442 Hijriah.

Zakat Fitrah dinilai sebagai bentuk kepedulian dan berbagi kebahagiaan kepada orang-orang yang membutuhkan ketika merayakan kemenangan setelah beribadah di bulan Ramadhan.

Selain itu, zakat juga diyakini dapat menyucikan diri bagi orang yang melaksanakannya.

Berikut ini adalah waktu pembayaran, besaran zakat fitrah, serta kelompok yang menjadi penerimanya, cara pembayaran merujuk Badan Amil Zakat Nasional (Baznas):

Baca juga: Niat Zakat Fitrah untuk Keluarga Arab Latin, Serta Doa Zakat Fitrah untuk Diri Sendiri Anak & Istri

Waktu pembayaran

Zakat Fitrah bisa ditunaikan sejak awal Ramadhan hingga paling lambat sebelum pelaksanaan Shalat Idul Fitri. Artinya, tidak ada patokan waktu pembayaran zakat ini harus dilaksanakan di malam sebelum Lebaran, dan sebagainya.

Sementara penyalurannya, dilakukan paling lambat sebelum pelaksanaan shalat Idul Fitri.

Sedangkan penyalurannya kepada mustahik (penerima zakat), paling lambat dilakukan sebelum pelaksanaan shalat Idul Fitri.

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved