Breaking News:

UPDATE Terkini Bentrokan di Palestina Setelah Masjid Al Aqsa Diserang Selama Dua Malam Beruntun

Lebih dari 200 orang Palestina luka-luka dan 88 di antaranya dilarikan ke rumah sakit, setelah Masjid Al Aqsa diserang selama dua malam beruntun.

AFP PHOTO/MENAHEM KAHANA
Petugas keamanan Israel membawa seorang pengunjuk rasa Palestina di luar Gerbang Damaskus, Kota Tua Yerusalem, pada 9 Mei 2021. Israel berjanji memulihkan ketertiban di Yerusalem setelah ratusan demonstran Palestina terluka sepanjang bentrokan melawan polisi di akhir pekan. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Ratusan pengunjuk rasa mengepung Konsulat Jenderal Israel di Istanbul pada Senin 10 Mei 2021 waktu setempat, memprotes tindakan Polisi Israel terhadap warga Palestina di Jerusalem.

Para pengunjuk rasa mengibarkan bendera Turki dan Palestina serta meneriakkan slogan-slogan menentang Israel.

Unjuk rasa digelar setelah Polisi Israel berhadapan dengan pengunjuk rasa Palestina, di malam bentrokan di Jerusalem Timur pada Minggu 9 Mei 2021 waktu setempat.

Bentrokan pada larut malam itu kemungkinan akan berlanjut hingga Senin 10 Mei 2021, selama perayaan tahunan hari Jerusalem, ketika Nasionalis Israel berencana berparade melalui kota tua.

Baca juga: Korban Terus Berjatuhan Bentrok Israel dan Palestina di Masjid Al Aqsa, Ini Penyebab Bentrok Terbaru

Perayaan tahunan ini dimaksudkan untuk memperkuat klaim Israel atas daerah yang diperebutkan.

Sebelumnya, Lebih dari 200 orang Palestina luka-luka dan 88 di antaranya dilarikan ke rumah sakit, setelah Masjid Al Aqsa diserang selama dua malam beruntun.

Bentrokan di dekat Masjid Al Aqsa Palestina terjadi antara warga Palestina dengan polisi Israel, tepatnya di luar Yerusalem.

Sebagian besar korban luka akibat peluru karet, granat kejut, dan pemukulan di tengah demo atas ancaman penggusuran, serta upaya mengekang kebebasan beragama di anatara umat Islam di Yerusalem.

Polisi mengatakan, seorang petugas juga terluka akibat lemparan batu. Independent pada Minggu 9 Mei 2021 melaporkan, Sabtu malam 8 Mei 2021 kerumuman demonstran Palestina berkumpul di luar Gerbang Damaskus, Kota Tua Yerusalem, meneriakkan lafal-lafal keagamaan.

Beberapa orang lalu melemparkan batu dan botol air ke arah polisi, serta menyalakan api dan merobohkan barikade polisi. Polisi yang menunggangi kuda lalu menembakkan granat kejut ke arah massa, dan menembakkan meriam air (water cannon).

Halaman
12
Editor: Rizky Zulham
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved