Breaking News:

Terapkan Prokes Ketat, Wali Kota Pontianak Edi Kamtono Akan Salat Ied di Kawasan Taman Alun Kapuas 

Edi menghimbau kepada seluruh panitia pelaksana Salat Id agar menyiapkan fasilitas protokol kesehatan, mulai dari penyiapan tempat cuci tangan, hand s

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ Muhammad Rokib
Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono mengizinkan umat Islam di kota Pontianak untuk melaksanakan Salat Idul Fitri 1442 Hijriyah di Masjid maupun di halaman terbuka dengan protokol kesehatan secara ketat.

Seperti pihaknya pun akan menggelar Salat Ied di Alun Kapuas di jalan Rahadi Usman Kelurahan Tengah, Kecamatan Pontianak Kota, Kota Pontianak, Kalimantan Barat.

"Saya rencana Salat di depan Kantor Wali Kota di jalan Rahadi Usman, setalah itu menyapa warga sebentar baru pulang ke rumah," kata Edi Rusdi Kamtono.

Baca juga: Gubernur Sutarmidji Akan Laksanakan Salat Ied di Pendopo Kalbar bersama Keluarga

Pelaksanakan Salat Ied di lapangan depan Kantor Wali Kota Pontianak ini bertujuan agar salat Id di beberapa tempat, baik masjid dan halaman lainnya bisa terbagi. Sehingga diharapkan nantinya pada masjid-masjid atau tempat pelaksanaan Salat Id disekitar tidak terlalu ramai.

Meski tidak ada pembatasan jumlah jamaah, namun Edi menghimbau kepada seluruh panitia pelaksana Salat Id agar menyiapkan fasilitas protokol kesehatan, mulai dari penyiapan tempat cuci tangan, hand sanitizer, jarak shaf dan jamaah wajib memakai masker.

"Tidak melakukan salaman, apalagi cipika cipiki setalah salat biasanya. Maka cukup salam corona saja. Setelah itu segera menghindari kerumunan. Biasanya di akhir bubar itu terjadi kerumunan-kerumunan. Maka kita hindari. Jamaah segera kembali ke rumah masing-masing," jelasnya.

Bahkan tidak hanya itu, Edi Rusdi Kamtono juga mengungkapkan, bahwa tidak ada open house untuk lebaran tahun ini. 

Sebagaimana hal tersebut sudah tertuang dalam Surat Edaran (SE) Menteri Dalam Negeri Nomor 800/2794/SJ tentang Pelarangan Buka Puasa Bersama Bulan Ramadhan dan Open House atau Kegiatan Halal Bihalal Pada Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah Pada Tahun 2021. 

Sementara itu, untuk kegiatan masyarakat pada malam lebaran juga dihimbau agar tidak menggelar konvoi ataupun Takbir keliling.

"Malam takbiran kita mengimbau masyarakat tidak menggelar konvoi atau takbir keliling, takbiran cukup di rumah saja," ujarnya.

"Saya rasa sudah cukup atau secara virtual lebih bagus tidak melakukan konvoi. Karena aktivitas malam lebaran itu biasanya bercampur ada warga yang beraktivitas yang ingin memenuhi kebutuhan Persiapan lebaran. Terus aktivitas keluarga ada juga anak-anak muda yang nongkrong, itu bercampur sehingga akan padat di kota Pontianak," ujarnya.

Untuk itu, Dirinya menyampaikan, akan ada pemantauan dan pengawasan dari satgas Covid-19 yang akan dipimpin oleh Kapolresta Pontianak dan Dandim. (*)

Penulis: Muhammad Rokib
Editor: Hamdan Darsani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved