Breaking News:

Berita Video

Hari Ini Kementerian Agama akan Lakukan Sidang Isbat, Penetapan Hari Raya Idul Fitri 2021

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas akan memimpin langsung sidang isbat lebaran 2021.

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Hari ini, Selasa 11 Mei 2021 Kementerian Agama (Kemenag) akan melangsungkan sidang isbat lebaran 2021 atau penetapan awal bulan Syawal.

Awal bulan Syawal ini menjadi pertanda datangnya Hari Raya Idul Fitri 1442 H.

“Isbat awal syawal digelar 11 Mei 2021 atau 29 Ramadan 1442 H secara daring dan luring,” ujar Dirjen Bimas Islam Kemenag Kamaruddin Amin, seperti dikutip dari laman Kemenag, Rabu 5 Mei 2021.

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas akan memimpin langsung sidang isbat lebaran 2021.

Sidang isbat dilakukan sesuai protokol kesehatan sehingga tidak semua perwakilan hadir secara fisik di kantor Kementerian Agama.

Baca juga: Live Streaming Hasil Sidang Isbat Lebaran 2021 dan Streaming Hasil Pemantauan Hilal Lebaran 2021

Seperti yang telah disampaikan, sidang isbat lebaran 2021 akan digelar secara luring dan daring. Panitia akan menyiapkan aplikasi zoom meeting bagi peserta sidang maupun media.

Tahapan sidang isbat Dikutip dari laman Kemenag, Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Agus Salim mengatakan, tahapan sidang isbat dilakukan sebagaimana awal Ramadan lalu.

Pelaksanaan sidang isbat Lebaran 2021 melalui beberapa tahap, yakni: Sesi pertama, sidang isbat dimulai pukul 16.45 WIB dengan pemaparan posisi hilal awal syawal 1442 H oleh anggota Tim Unifikasi Kalender Hijriah Kemenag.

Kedua, setelah maghrib akan dilakukan sidang isbat yang dipimpin Menteri Agama, dengan diawali pelaporan data hisab dan hasil rukyatul hilal.

Hasil sidang isbat akan diumumkan oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

"Hasil sidang isbat akan diumumkan Menteri Agama secara telekonferensi serta disiarkan langsung oleh TVRI sebagai TV Pool dan live streaming medsos Kemenag," kata Agus.

Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved