Breaking News:

Laporan Hasil Pemeriksaan LKPD Ketapang Tahun 2020 Raih Opini WTP

Pemeriksaan keuangan bertujuan untuk memberikan keyakinan yang memadai, apakah laporan keuangan telah disajikan secara wajar dalam semua hal.

Penulis: Nur Imam Satria | Editor: Try Juliansyah
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/Istimewa
Penyerahan LKPD Tahun Anggaran 2020 dilakukan di Kantor BPK Perwakilan Kalbar. Penyerahan tersebut dihadiri Bupati Ketapang yang diwakili Pj Sekda Suherman, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Ketapang Alexander Wilyo, S STP MSi, Ketua DPRD Ketapang Febriadi dan Kepala Inspektorat Ketapang Devi Frantito. Foto istimewa 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KETAPANG - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Provinsi Kalimantan Barat menyerahkan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Ketapang Tahun Anggaran 2020.

Hasilnya, Pemda Ketapang kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) ke tujuh kalinya.

Penyerahan LKPD Tahun Anggaran 2020 dilakukan di Kantor BPK Perwakilan Kalbar, pada Jumat 7 Mei 2021 siang.

Penyerahan tersebut dihadiri Bupati Ketapang yang diwakili Pj Sekda Suherman, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Ketapang Alexander Wilyo, S STP MSi, Ketua DPRD Ketapang Febriadi dan Kepala Inspektorat Ketapang Devi Frantito.

Baca juga: Anggota Direksi, Komisaris BUMD dan TP3D Ketapang Dilantik

Kepala Perwakilan BPK Kalbar Rahmadi mengatakan penyerahan LHP dan LKPD tahun anggaran 2020 diberikan pada sembilan entitas pemeriksaan di wilayah Provinsi Kalimantan Barat dengan tetap menjalankan protokol kesehatan.

Pemeriksaan keuangan bertujuan untuk memberikan keyakinan yang memadai, apakah laporan keuangan telah disajikan secara wajar dalam semua hal.

"Dimana material sesuai prinsip akuntansi yang berlaku dan memperhatikan kesesuaian laporan keuangan dengan standar akuntansi pemerintahan," ujarnya.

Kemudian, kecukupan pengungkapan, efektivitas sistem pengendalian intern (SPI) dan kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan.

Untuk itu, dalam kesempatan itu pihaknya menyampaikan dua buku laporan.

Pertama, terdiri laporan hasil pemeriksaan yang memuat pernyataan atau opini atas kewajaran laporan keuangan. Kedua, laporan hasil pemeriksaan terkait dengan pengendalian internal dan kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved