Breaking News:

Tindak Lanjut Larangan Mudik Pemerintah Pusat, Pos Penyekatan di Batu Layang Pontianak Beroperasi

Sebagaimana sudah berdiri pos pengamanan OPS Pol terpusat Ketupat Kampuas 2021 Polresta Pontianak Kota, di Batu Layang, Kecamatan Pontianak Utara, Pon

Penulis: Muhammad Rokib | Editor: Hamdan Darsani
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Petugas tim gabungan TNI-Polri, Satpol PP, Dinas Perhubungan dan Dinas Kesehatan Kota Pontianak melakukan penyekatan di pos perbatasan kota, di Batu Layang, Kecamatan Pontianak Utara, Pontianak, Kalimantan Barat, Kamis 6 Mei 2021. Penyekatan ini akan dilakukan sejak 6-17 Mei 2021. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Sebagai tindak lanjut kebijakan pemerintah pusat yang sudah resmi malarang masyarakat untuk mudik.

Satgas Covid-19 Kota Pontianak, pun pada Kamis 6 Mei 2021 mulai memberlakukan penyekatan masyarakat yang ingin mudik di perbatasan kota.

Sebagaimana sudah berdiri pos pengamanan OPS Pol terpusat Ketupat Kampuas 2021 Polresta Pontianak Kota, di Batu Layang, Kecamatan Pontianak Utara, Pontianak, Kalimantan Barat.

Pada posko ini setiap kendaraan yang melintas akan dilakukan pemeriksaan oleh petugas tim gabungan TNI-Polri, Dinas Perhubungan, Satpol PP dan juga sudah ada petugas dari Dinas Kesehatan Kota Pontianak untuk melakukan rapid test antigen maupun swab kepada warga.

Baca juga: Peraturan Larangan Mudik 2021 pdf, Pengecualian Larangan Mudik 2021

Kapolresta Pontianak Kota, Kombes Pol Leo Joko Triwibowo menerangkan, bahwa meski sifatnya secara selektif prioritas. Namun penyekatan akan dilakukan lantaran kasus covid-19 di Kalimantan Barat terus meningkat.

"Kita melanjutkan ataupun melaksanakan perintah dari pusat bahwasanya sesuai dengan aturan Permendagri ada pelarangan mudik. Di wilayah Kalbar pun termasuk di kota Pontianak juga melaksanakan meskipun Selektif prioritas bagaimana sesuai dengan ketentuan. Kita melaksanakan penyekatan bagi warga yang niatnya mudik keluar dari Kota Pontianak," jelasnya.

Karena covid-19 di beberapa kabupaten di kalbar pandemi covid-19 terus meningkat

"Makanya kita berupaya supaya tidak mudik di kampungnya dan bertahan di Pontianak saja," ungkapnya.

Sejak pagi tadi, Kapolresta mengungkapkan pihaknya sudah melaksanakan penyekatan mengamankan warga dari Ketapang yang niatnya akan mudik ke Kabupaten Sambas. 

Dari temuan itu, Kapolresta menerangkan masih akan melakukan pengecekan kesehatan kepada mereka.

"Akan kita cek dulu kesehatannya. Langkah lanjut apabila negatif, mereka akan kita tangguhkan dulu. Kita akan komunikasikan ke mereka kalau kembali ke ketapang. Tapi akan diselektif prioritas," ungkapnya.

Dirinya berharap agar Kabupaten-kabupaten lain di Kalbar juga melakukan penyekatan bagi masyarakat yang ingin mudik.

Hal tersebut demi menghindari terjadinya lonjakan kasus Covid-19.

"Jadi kasian Pontianak akan menjadi tempat persinggahan dan kita mendapat tugas lebih berat jika Kabupaten lain tak melakukan," bebernya.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved