Breaking News:

Wabup Sudiyanto Harap Pengurus FKUB Sintang Tidak Hanya Sekadar di Atas Kertas

Menurut Sudiyanto, beberapa tahun terakhir FKUB Kabupaten Sintang, mengalami kekosongan pengurus. Oleh sebab itu, pada pengurus periode 2021-2026 dia

TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Wakil Bupati Sintang, Sudiyanto (tengah) memimpin rapat FKUB Kabupaten Sintang di Langkau Kita. Sudiyanto berharap Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Sintang, dapat berperan membantu pemerintah dalam hal menjaga kerukunan umat beragama, agar aman, damai dan tentram. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SINTANG - Wakil Bupati Sintang, Sudiyanto berharap Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Sintang, dapat berperan membantu pemerintah dalam hal menjaga kerukunan umat beragama, agar aman, damai dan tentram.

Selain itu, Sudiyanto juga berharap agar pengurus FKUB Kabupaten Sintang, periode 2021-2026 tidak hanya sekadar di atas kertas, melainkan harus turun langsung ke lapangan jika ada sesuatu hal yang berpotensi menimbulkan keresahan di masyarakat.

“Saya tidak mau nama-nama anggota FKUB ini hanya SK di atas kertas, tetapi kerjanya tidak ada. Lakukan kerja nyata yang lebih penting,” harap Sudiyanto, Rabu 5 Mei 2021.

Menurut Sudiyanto, beberapa tahun terakhir FKUB Kabupaten Sintang, mengalami kekosongan pengurus. Oleh sebab itu, pada pengurus periode 2021-2026 dia berharap bisa lebih berbuat banyak dalam menjaga kerukunan umat beragama di Kabupaten Sintang.

“Kalau ada hal dalam hubungan antar agama, maka saya minta anggota FKUB melakukan langkah nyata dan berkoordinasi dengan Pemkab Sintang. Sehingga bisa kita lakukan antisipasi. Prinsipnya seperti api, masih kecil bisa dengan mudah dipadamkan, kalau sudah besar menjadi susah dipadamkan. Maka konflik dalam hal agama ini jangan sampai besar. Ada tanda, langsung kita ambil tindakan yang cepat dan tepat,” jelas Sudiyanto yang juga Ketua Dewan Pengawas FKUB Kabupaten Sintang.

Baca juga: BREAKING NEWS - Pasien Covid-19 di Sintang Meninggal Usai Tendang Pintu Kaca Saat Berupaya Kabur

Selain itu, Sudiyanto juga minta bantuan kepada seluruh anggota FKUB Kabupaten Sintang untuk membantu melakukan pencegahan terhadap penularan covid-19.

“Saya berharap FKUB Kabupaten Sintang berperan membantu Pemkab Sintang dalam menjaga kerukunan umat beragama di Kabupaten Sintang. Forum ini harus mendukung pemerintah dan hubungan antara umat beragama menjadi baik, aman dan tentram,” harapnya.

Pelaksana Tugas Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Sintang Syarief Yasser Arafat menambahkan, bahwa sudah ada keputusan Bupati Sintang tentang penetapan anggota FKUB Kabupaten Sintang dan pembentukan Dewan Penasehat FKUB Kabupaten Sintang periode 2021-2026.

Menurutnya, jumlah keseluruhan anggota FKUB Kabupaten Sintang periode 2021-2026 sebanyak 17 orang.

“Setelah pengurus FKUB Kabupaten Sintang terbentuk, akan ditetapkan melalui SK Bupati Sintang. Pengukuhan sekitar akhir Mei 2021 ini. Anggaran FKUB untuk tahun 2021 belum ada, kami berharap di APBD Perubahan nanti bisa diberikan untuk mendukung tugas pokok dan fungsi FKUB Kabupaten Sintang,” ungkap Yasser. (*)

Penulis: Agus Pujianto
Editor: Rivaldi Ade Musliadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved