Breaking News:

Kapolres Sambas Tekankan Antisipasi Gangguan Terorisme Selama Perayaan Idul Fitri

Kapolres Sambas AKBP Robertus B Herry Ananto Pratiknyo saat memberikan arahan kepada anggota dan jajaran di Apel Gelar Pasukan Operasi Terpusat Ketupa

Penulis: M Wawan Gunawan | Editor: Hamdan Darsani
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Bupati Sambas Atbah Romin Suhaili saat menjadi pembina pada Apel Gelar Pasukan Operasi Terpusat Ketupat Kapuas-2021, bersama Dandim Sambas Letkol Inf Setyo Budiono, dan Kapolres Sambas AKBP Robertus B Herry Ananto Pratiknyo, Rabu 5 Mei 2021. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SAMBAS - Kapolres Sambas AKBP Robertus B Herry Ananto Pratiknyo saat memberikan arahan kepada anggota dan jajaran di Apel Gelar Pasukan Operasi Terpusat Ketupat Kapuas-2021 meminta agar seluruh anggota siap dalam melaksanakan pengamanan perayaan Hari Raya Idul Fitri 2021.

Pada apel yang dilaksanakan di Aula Dhira Wijaya Polres Sambas itu, diambil tema "Melalui Apel Gelar Pasukan Ops Ketupat Kapuas-2021, Kita Tingkatkan Sinergi Polri Dengan Instansi Terkait Dalam Rangka Memberikan Rasa Aman dan Nyaman pada Perayaan Idul Fitri 1442 H".

Kata dia, apel kali ini dilaksanakan serentak di seluruh jajaran Polda dan Polres seluruh Indonesia. Dan mereka sudah menyiapkan pasukan untuk pengamanan Hari Raya Idul Fitri.

Baca juga: Bupati Atbah: Gedung Perpustakaan Jadi Kebanggaan Masyarakat Kabupaten Sambas

"Apel gelar pasukan ini dilaksanakan serentak oleh Polri se-Indonesia dan dilaksanakan pada masa pandemi Covid-19. Sehingga pasukan yang dilibatkan tidak terlalu besar namun dapat mewakili kesiapan petugas dalam pengamanan," ungkapnya.

Dihadapan anggota, Kapolres memberikan beberapa penekanan kepada anggota. Seperti meminta menyiapkan fisik dan mental selama pelaksanaan tugas pengamanan, melakukan diteksi dini melalui intelejen hingga mengantisipasi terjadinya teror.

"Kita tekankan kepada anggota untuk meningkatkan deteksi dini dengan peran intelijen dan Bhabinkamtibmas untuk mengetahui dinamika dan fenomena yang berkembang di masyarakat," katanya.

"Serta meningkatkan kepekaan dan kesiapsiagaan antisipasi terorisme," tegasnya.

Selain itu, Kapolres juga meminta agar Anggota menggelar pos di tempat-tempat yang dinilai berpotensi rawan akan gangguan kamtibmas.

"Kita utamakan keselamatan anggota yang melaksanakan pengamanan. Dan waspada terhadap maraknya tawuran antar warga, sweeping atau razia ditempat hiburan oleh kelompok masyarakat serta bentuk gangguan kamtibmas lainnya. Serta cegah balap liar, kebut-kebutan dan pengendara yang menyimpang dari peraturan," tuturnya.

Untuk menjaga Kamtibmas, Kapolres juga meminta agar anggota bisa menggandeng Tokoh Masyarakat, dan stakeholder terkait. Dan mengingatkan agar dalam pelaksanaan ibadah di Hari Raya Idul Fitri tetap berpedoman pada Surat Edaran Menteri Agama No: SE 03 Th. 2021. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved