Breaking News:

Direktur RSUD M Djoen Sintang Sebut Terdapat Dokter Psikiater dan Psikolog Layani Pasien Covid

Rosa memastikan, psikolog siap mendampingi pasien corona yang memerlukan pendampingan untuk penguatan mental apabila dibutuhkan.

TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Direktur RSUD Ade M Djoen Sintang, Rosa Trifina 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID,SINTANG - Direktur RSUD Rujukan Ade M Djoen Sintang, Rosa Trifina memastikan di rumah sakit saat ini sudah ada dua tenaga dokter psikiater dan seorang psikolog, untuk memberikan pendampingan terhadap pasien covid-19 yang menjalani perawatan selama isolasi.

"Kita sudah ada psikolog dan psikiatri," jelas Rosa Rabu, 5 Mei 2021.

Rosa memastikan, psikolog siap mendampingi pasien corona yang memerlukan pendampingan untuk penguatan mental apabila dibutuhkan.

Baca juga: Kronologi Pasien Covid di Sintang Meninggal, Kabur Terobos Pintu Kaca Hingga Jatuh dalam Selokan

"Ini pun beberapa pasien yang kiranya perlu nanti dikonsultasikan untuk pendampingan baik itu psikologi maupun psikiatri itu nanti tetap akan kita lakukan kepada pasien, jika ada keluhan dan minta pendampingan. Ketika dibutuhkan perlu pendampingan, mereka kita gunakan," ungkap Rosa.

Menurut Rosa, depresi pada pasien bisa saja terjadi, bahkan pada semua orang, apalagi saat melihat surat keterangan hasil swab PCR positif corona, ditambah lagi muncul gejala sesak nafas, batuk.

"Pikiran bercampur aduk, bisa menimbulkan stres kepada pasien. Kalau dikatakan dia depresi bisa saja terjadi, apalagi dalam kondisi (pasien yang nekad kabur) sudah dirawat hari ke 9, kemudian mengalami sesak nafas, demam, pikiran pasien campur aduk, bisa saja itu menimbulkan kecemasan berlebihan," kata Rosa. (*)

Penulis: Agus Pujianto
Editor: Hamdan Darsani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved