Breaking News:

Budayakan Tradisi Ramadhan, Forum Sampan Beting Permai Lakukan Pemasangan Pelite Keriang Bandong

Ia mengatakan saat pemasangan Keriang Bandong beberapa hari lalu terkendala karena hujan, namun tak menyurutkan semangat adik-adik di Kampung Beting u

TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Pemasangan pelite Keriang Bandong di Pangkalan Sampan Parit Besar hingga di Kawasan Beting Permai belum lama ini. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Forum Sampan Beting Permai yang merupakan Kelompok Penambang Sampan Parit Besar dan Beting Permai menginisiasi kegiatan Pemasangan Pelite Keriang bandong.

Ketua Forum Sampan Beting Permai, Bang Boy menjelaskan bahwa pemasangan Keriang bandong adalah tradisi pemasangan pelita yang diwariskan oleh nenek datok yang akan tetap akan terus dilaksanakan setiap tahunnya.

“Tahun ini kami hanya bisa memasang sebanyak 120 buah pelite, mulai dari Pangkalan Sampan Parit Besar hingga di Kawasan Beting Permai,” ujarnya kepada awak media, Rabu 5 Mei 2021.

Ia berharap tahun depan pemasangan pelita Keriang Bandong bisa di laksanakan lebih besar lagi dari tahun ini.

“Setidaknya seperti yang pernah kit buat pada bulan Ramadhan tahun 2013 lalu,”ucapnya.

Ia mengatakan saat pemasangan Keriang Bandong beberapa hari lalu terkendala karena hujan, namun tak menyurutkan semangat adik-adik di Kampung Beting untuk menyalakan pelita keriang Bandong.

Baca juga: Penyerahan Zakat Langsung ke Fakir Miskin atau ke Badan Amil Zakat? Begini Penjelasannya

Dikatakannya bahwa tradisi ini sebagai bentuk untuk menyambut kedatangan Malam 1 likor yakni Malam Ke- 21 Bulan Ramadhan.

Dimana Pelita tersebut akan terus di nyalakan setiap malam hingga menyambut kedataangan 1 syawal ( Idul Fitri ).

“Pemasangan Keriang Bandong inisudsh menjadi kegiatan rutin di Kampung Beting sudah sejak lama. Kalau sekarang pelitanya sudah diganti dengan lampu hias listrik yang di anggap lebih aman, lebih praktis namun penggunaan Pelite masih tetap kita pertahankan,”jelasnya.

Dengan tradisi seperti ini dikatakannya selain memeriahkan kampung juga sebagai hiburan anak-anak kecil di kampung Beting. (*)

Penulis: Anggita Putri
Editor: Rivaldi Ade Musliadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved