Breaking News:

Ratusan Gedung Sekolah Dasar dan SMP di Kapuas Hulu Alami Kerusakan

Kasi Sarana dan Prasarana Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kapuas Hulu, Masuhardi menyatakan, ada beberapa kondisi bangunan sekolah baik tingkat SD dan

Ratusan Gedung Sekolah Dasar dan SMP di Kapuas Hulu Alami Kerusakan
IST
Anak Sekolah

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KAPUAS HULU - Kasi Sarana dan Prasarana Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kapuas Hulu, Masuhardi menyatakan, ada beberapa kondisi bangunan sekolah baik tingkat SD dan SMP di Kapuas Hulu sedang mengalami kerusakan ringan, sedang dan berat. 

"Sudah ada 250 sekolah, baik SD maupun SMP sudah kami verifikasi tingkat kerusakannya sejauhmana, dan itu akan kita bangun secara bertahap sesuai dengan kemampuan keuangan daerah itu sendiri," ujarnya kepada wartawan, Selasa 4 Mei 2021.

Dijelaskannya, setiap Dinas Pendidikan dan Kebudayaan melakukan verifikasi tingkat kerusakan sekolah, selalu mengajak pihak Dinas Cipta Karya, karena penilaian tingkat kerusakan sesuai format PUPR, karena ini berkaitan dengan bangunan kedepannya. 

Baca juga: Wabup Wahyudi Hidayat Ajak Semua Pihak Mengentaskan Stunting di Kapuas Hulu

"Ada memang beberapa sekolah tingkat SD harus segera diperbaiki, karena kondisi pondasinya sudah mulai goyang dan begitu sekolah yang terkena dampak abrasi seperti di SD dan SMP sehingga perlu direlokasi segera," ucapnya.

Masuhardi juga menambahkan bahwa, apabila sekolah yang masih membutuhkan Ruang Kelas Baru (RKB), agar segera diusulkan saja melalui Data Pokok Pendidikan (Dapodik) sapras.

"Dimana untuk anggaran APBN pusat yang kedua usulkan melalui proposal untuk anggaran APBD,” ujarnya.

Selama ini untuk merevitalisasi sekolah yang ada, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kapuas Hulu  selalu mengandalkan Dana Alokasi Khusus (DAK) APBN maupun Dana Alokasi Umum APBD.

"Untuk DAK tahun 2021 Kapuas Hulu mendapatkan sebesar Rp7 miliar untuk tingkat SD dan Rp13 miliar untuk tingkat SMP," ungkapnya. (*)

Penulis: Sahirul Hakim
Editor: Hamdan Darsani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved