Breaking News:

Dalam Sehari Polda Kalbar Ringkus Dua Kurir Sabu dari Malaysia dengan Total Barang Bukti 6,7 Kg

Direktur Reserse Narkoba Polda Kalbar Kombes Pol Yohanes Hernowo menuturkan pengungkapan kasus tindak pidana narkotika yang dimulai sejak tanggal 28 A

TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Satu dari dua Tersangka Tindak Pidana Perederan Narkoba yang diamankan oleh Polda Kalbar lantaran membawa sabu dari Malaysia ke Kalbar 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK, TRIBUN - Dalam satu hari , Anggota Direktorat Reserse Narkoba Polda Kalbar ungkap dua kasus narkoba dengan barang bukti seberat 6,7 Kg sabu.

Direktur Reserse Narkoba Polda Kalbar Kombes Pol Yohanes Hernowo menuturkan pengungkapan kasus tindak pidana narkotika yang dimulai sejak tanggal 28 April 2020.

"Akhirnya setelah dilakukan serangkaian penyelidikan yang di lakukan tim Subdit III , pada Minggu 2 Mei 2021 ada dua TKP pengungkapan kasus tindak pidana narkotika,"ujar Direktur Reserse Narkoba Polda Kalbar pada Selasa 4 April 2021.

Pada Lokasi pertama yakn di Jln Trans Kalimantan KM 19, Kelurahan Kampung Jawa, Kecamatan Sungai Ambawang, Kabupaten Kubu Raya dengan barang bukti 5  bungkus plastik transparan yang berisi Narkotika jenis Shabu berat bruto 5.000 Gram atau 5 Kg. 

Baca juga: Satresnarkoba Polres Sambas Kembali Ringkus Seorang Pengguna Narkoba

Kemudiaan TKP kedua yakni di Dusun Kenaman RT 003 RW 001 Desa Sekayam Kecamatan Sekayam, Kabupaten Sanggau dengan barang bukti 2 bungkus plastik teh warna hijau merk Qing Shan berisi Narkotika jenis Shabu berat bruto 1.702,2 Gram atau 1,7 Kg.

Yohanes Hernowo menjelaskan bermulanya kronologi terungkapnya kasus tindak pidana narkotika yang bermula Direktorat Reserse Narkoba Polda Kalbar Pada Rabu  28 April 2021 mendapatkan informasi pengiriman narkoba dari Malaysia ke Indonesia di wilayah Kalimantan Barat.

"Kemudian saya instruksikan ke tim Subdit  3 Ditresnarkoba Polda Kalbar yang di pimpin langsung oleh Kasubdit 3 AKBP Aswandi untuk melakukan penyelidikan lebih lanjut informasi tersebut," ujar Mantan Direktur Resnarkoba Polda Banten itu.

Dan kemudian tim subdit 3 Ditresnarkoba Polda Kalbar sama tim IT berkoordinasi sejumlah pihak seperti, Satgas Pamtas Yonif 642/Kps, BAIS TNI, Intel Kodim, BNP Sanggau dan Kejari Sanggau untuk mengungkap kasus tindak pidana narkoba ini.

"Setelah mendapatkan berbagai informasi, kemudian Tim Subdit 3 membentuk dua regu untuk melakukan penindakan di dua TKP yang melibatkan sejumlah unsur terkait baik dari Satgas Pamtas, Kodim, BNN Kab Sanggau, dan Kejaksaan Negeri Sanggau," kata Dir Resnarkoba Polda Kalbar.

Dan pada tanggal 2 Mei 2021 sekira pukul 18.07 WIB regu 1 tim Subdit 3 berhasil  penangkapan terhadap seorang pria berinsial HR di Jalan Trans Kalimantan KM 19, Kelurahan Kampung Jawa, Kecamatan Sungai Ambawang, Kabupaten Kubu Raya dengan barang bukti 5 bungkus plastik transparan berisi Narkotika jenis Shabu berat bruto 5.000 Gram atau 5 Kg selain itu 1 unit Handphone Android merk Xiomi warna hitam dan satu unitsepeda motor merk Yamaha Mio KB 5358 UO.

Selanjutnya, pada hari yang sama Regu 2 Tim Subdit 3 sekitar pukul 19.00 WIB berhasil melakukan penangkapan terhadap seorang pria SF  di  Dusun Kenaman Desa Sekayam Kecamatan Sekayam, Kabupaten Sanggau, dengan barang bukti 2 bungkus plastik teh warna hijau merk Qing Shan berisi Narkotika jenis Shabu berat bruto 1.702,2 Gram atau 1,7 Kg, 1 unit sepeda motor merk Yamaha Vega warna hitam KB 2950 UJ.

Saat ini kedua tersangka dan barang bukti sudah diamankan di Mako Ditresnarkoba Polda Kalbar dan akan dilakukan penyelidikan dan penyidikan lebih lanjut. (*)

Penulis: Hadi Sudirmansyah
Editor: Hamdan Darsani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved