Breaking News:

Antisipasi Warga Mudik, Wako Pontianak Edi Rusdi Kamtono Ajak RT/RW Tingkatkan Kewaspadaan Pandemi

Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono mengajak perangkat RT/RW terlibat dalam tim satgas Covid-19 untuk meningkatkan kewaspadaan untuk menangani pand

TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Pemerintah Kota Pontianak mulai menggelontorkan bantuan operasional kepada 2.635 RT dan 580 RW se-Kota Pontianak. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono mengajak perangkat RT/RW terlibat dalam tim satgas Covid-19 untuk meningkatkan kewaspadaan untuk menangani pandemi Covid-19.

Hal ini dikatakakannya untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan kasus Covid-19, termasuk mengantisipasi mudik lebaran.

"Saya hadir langsung disini untuk mengarahkan betapa kewaspadaan kita terhadap penanganan pandemi covid-19 ini. Kita harus segera, termasuk untuk antisipasi warga kita yang mudik, baik yang datang maupun yang keluar Kota Pontianak," ungkapnya, usai menyerahkan secara simbolis bantuan operasional RT/RW di Aula Kantor Camat Pontianak Timur, Selasa 4 Mei 2021.

Baca juga: Edi Kamtono Sebut Kualitas Infrastruktur Menjadi Daya Tarik Pengunjung Datang ke Pontianak

Dengan adanya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berskala Mikro yang diterapkan oleh Pemerintah Pusat. Diharapkannya bisa menekan angka penularan Covid-19, khususnya di Kota Pontianak. 

"Terlebih menjelang Hari Raya Idul Fitri, pemerintah pusat sudah mengeluarkan kebijakan larangan mudik. Kita semua berharap Idul Fitri nanti berjalan aman, tidak terjadi kluster baru," ucapnya.

Sejauh ini, Edi Rusdi Kamtono mengatakan, bahwa penanganan covid-19 pada tim satgas tingkat RT/RW tidak ada kendala.

Kendati demikian, ia meminta agar para RT/RW terus melakukan koordinasi lebih lanjut untuk langkah isolasi atau membantu warga jika memang ditemukan ada yang terkonfirmasi positif Covid-19. 

"Kolaborasi dan komunikasi RT/RW dengan Pemerintah Kota sangat dibutuhkan. Sehingga menjadi RT/RW yang tangguh terhadap bencana alam dan pandemi Covid-19," paparnya.

Kemudian, selain penguatan pencegahan penyebaran covid-19, namun juga tak kalah penting disampaikannya ialah tentang pemulihan ekonomi masyarakat dalam rangka membangun daerah lebih maju.

Selama ini kita ketahui, bahwa pandemi covid-19 cukup menghambat perkonomian masyarakat luas.

Oleh karena itu, Edi berharap RT/RW bisa bersama-sama bekerjasama dan berkontribusi dalam pembangunan dan pemberdayaan masyarakat. 

"Manfaatkan peluang-peluang usaha yang bisa dilakukan di tengah pandemi sehingga mampu meningkatkan perekonomian masyarakat," jelasnya. (*)

Penulis: Muhammad Rokib
Editor: Hamdan Darsani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved