Breaking News:

Kadiskumdag Pontianak Nilai Keberadaan Pasar Juadah Dongkrak Penghasilan UMKM Hingga 40 Persen

Ia mengatakan, pedagang UMKM yang berjualan di ratusan stand yang terletak di enam kecamatan se-kota Pontianak hingga saat ini berjalan dengan lancar

TRIBUNPONTIANAK/Muhammad Rokib
Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan (Kadiskumdag) Kota Pontianak, Junaidi membeli takjil milik pelaku UMKM binaan Pemerintah Kota Pontianak di pasar Juadah Pontianak Barat. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan (Diskumdag) Kota Pontianak, Junaidi menyampaikan, bahwa penghasilan pelaku usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Pontianak meningkat semenjak adanya pasar Juadah pada bulan Ramadhan.

Ia mengatakan, pedagang UMKM yang berjualan di ratusan stand yang terletak di enam kecamatan se-kota Pontianak hingga saat ini berjalan dengan lancar menerapkan protokol kesehatan.

"Jelas dengan geliat pasar juadah ini pulang tidak akan meningkatkan pendapatan keluarga, apa lagi Ramadan dan menjelang idul fitri pasti banyak yang kebutuhan masing-masing keluarga," ungkapnya, Minggu 2 Mei 2021.

Baca juga: Gubernur Sutarmidji Tegaskan Tak Akan Segan Bubarkan Pasar Juadah Jika Terjadi Kerumunan

Peningkatan penghasilan tersebut disebutkannya bisa mencapai 20 sampai 40 persen dari hari-hari biasanya. Pelaku UMKM yang memang berada dibawah binaannya Pemerintah Kota Pontianak.

Pihaknya pun terus melakukan berbagai upaya dengan memberikan dukungan dan suport kepada pelaku UMKM yang selama ini terdampak covid-19 sehingga bisa membangkitkan perekonomian masyarakat.

"Kebijakan kita memberikan kesempatan pada UMKM untuk berartivitas, tetapi dengan Prokes 3M dan waktu yang dibatasi," jelasnya.

Untuk jumlah pelaku UMKM selama Ramadan ini dikatakakannya memang ada peningkatan, namun tidak terlalu tinggi sekitar 0,5 persen.

Sedikitnya pelaku UMKM hingga saat ini di Kota Pontianak sudah mencapai 28,706. (*)

Penulis: Muhammad Rokib
Editor: Hamdan Darsani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved