Breaking News:

Cara Mengetahui Alat Rapid Test Baru atau Bekas, Kenali Ciri-cirinya

Terutama setelah polisi menggerebek layanan rapid antigen Kimia Farma di Bandara Kualanamu dan menemukan adanya penggunaan alat rapid tes bekas.

Tribun Medan/Riski Cahyadi
Kapolda Sumut, Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak (kiri) bersama Pangdam I/Bukit Barisan, Mayjen TNI Hassanudin (tengah) dan Waka Polda Sumut, Brigjen Pol Dadang Hartanto (kanan) menunjukkan barang bukti alat rapid test antigen bekas saat pengungkapan kasus penyalahgunaan alat rapid test antigen bekas di Bandara Kualanamu, di Mapolda Sumatera Utara, Kota Medan, Kamis (29/4/2021). Polda Sumut berhasil menangkap lima orang tersangka penyalahgunaan alat rapid test antigen bekas berinisial RN, AD, AT, EK, dan EL, serta mengamankan sejumlah barang bukti hasil pelanggaran berupa alat rapid test antigen bekas yang siap untuk digunakan. Tribun Medan/Riski Cahyadi 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Kabar penggunaanalat rapid test bekas, ramai beberapa hari terakhir.

Terutama setelah polisi menggerebek layanan rapid antigen Kimia Farma di Bandara Kualanamu dan menemukan adanya penggunaan alat rapid tes bekas.

Kegiatan ilegal ini telah dilakukan oleh lima oknum pegawai Kimia Farma sejak Desember 2020.

Alat antigen yang sudah digunakan, dicuci dengan alkohol dan didaur ulang serta dibawa kembali ke Bandara Kualanamu untuk digunakan ulang.

Baca juga: MUI Kalbar Imbau Umat Islam Terapkan Prokes Covid-19 Ketat Saat Sholat Idul Fitri

Padahal, seperti diungkapkan oleh dr. Dwi Fajaryani, Sp.PK, Dokter Spesialis Patologi Klinik Primaya Hospital Bekasi Barat, alat swab merupakan alat sekali pakai yang tidak bisa digunakan kembali dan harus dibuang setelah penggunaan.

“Penggunaan reusable alat swab sangat berisiko tinggi pada kesehatan dan penyebaran infeksi virus Covid-19 kepada pasien lainnya," imbuh dr. Selvi Josten, Sp.PK, Dokter Spesialis Patologi Klinik Primaya Hospital Makassar.

Cara mengenali alat swab rapid test antigen yang baru

Belajar dari kejadian ini pun, kita perlu bisa membedakan alat swab rapid test antigen yang baru dengan yang bekas.

Berikut adalah cara mengidentifikasi cara penggunaan alat swab yang baik dan benar, seperti dipaparkan oleh para pakar dari Primaya Hospital:

Baca juga: Waspada Bahaya Mengerikan Rapid Test Antigen Bekas 5 Petugas Kimia Farma Bandara Kualanamu Ditangkap

1. Minta alat swab dibuka di hadapan Anda

Halaman
1234
Editor: Nasaruddin
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved