Breaking News:

Peringati Hari Buruh, Mahasiswa di Pontianak Gelar Aksi

Menurutnya, dengan kewenangan pemerintah, pemerintah bisa melakukan penekanan terhadap perusahaan yang nakal untuk mensejahterakan buruh.

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/Ferryanto
Aksi Mahasiswa di Bundaran Tugu Digulis Pontianak pada peringatan Hari Buruh, Sabtu 1 Mei 2021, Tribun Pontianak Ferryanto. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Memperingati hari buruh, Sejumlah Mahasiswa di Kota Pontianak Kalimantan Barat menggelar aksi, Sabtu 1 Mei 2021 sore.

Bertempat di Taman Bundaran Tugu Digulis Pontianak, sejumlah mahasiswa itu satu persatu menyuarakan aspirasinya yang bertajuk Panggung Rakyat mimbar bebas.

Terlihat pada Aksi yang digelar, para mahasiswa menerapkan protokol kesehatan, mereka menggunakan masker serta menjaga jarak.

Perwakilan Mahasiswa, Fikri selaku Humas Solidaritas May Day Kalbar menyampaikan bahwa pihaknya disini untuk menyuarakan aspirasi dari para buruh di Kalbar yang hingga sampai saat kerab mendapat ketidakadilan.

Baca juga: Airlangga Hartarto : Buruh Tulang Punggung Perekonomian Nasional Kita

"Ada yang gajinya tidak layak, beban kerjanya tinggi dan ada yang diancam PHK ketika meminta kenaikan gaji,", Tuturnya

Dari sejumlah informasi yang didapat pihaknya, saat ini masih banyak perusahaan - perusahaan nakal yang tidak mensejahterakan para buruhnya kendati Pemerintah telah membuat kebijakan terkait kesejahteraan buruh.

Menurutnya, dengan kewenangan pemerintah, pemerintah bisa melakukan penekanan terhadap perusahaan yang nakal untuk mensejahterakan buruh.

"Kebijakan yang sudah dibuat pemerintah sekaan tidak ada gunanya ketika beban kerja naik, upah tidak layak, dan semua kebijakan pemerintah itu tidak diterapkan,"tegasnya

Pada peringatan May Day di Kota Pontianak sendiri, serikat buruh yang ada tidak turut dalam aksi, pihaknya pun sangat menyayangkan ketidak hadiran organisasi buruh.

Ia berharap serikat buruh yang ada di Kota Pontianak dan Kalbar dapat lebih aktif memperjuangkan nasib rekan - rekan sesama buruh.

Diharapnya pula, dengan aksi ini, Pemerintah dapat membuat dan menerapkan kebijakan yang dapat berpihak kepada kesejahteraan buruh. (*)

Penulis: Ferryanto
Editor: Try Juliansyah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved