Breaking News:

Perketat Jalur Masuk Perairan, Dinkes Kubu Raya Lakukan Testing GeNose di Pelabuhan Rasau Jaya

Pengambilan sampel skrinning itupun dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Kubu Raya, saat bersama petugas gabungan dari Dinas Perhubungan Kabupaten

Penulis: Muzammilul Abrori
Editor: Hamdan Darsani
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Sejumlah awak kapal maupun penumpang di Pelabuhan KTM Rasau Jaya, Kabupaten Kubu Raya dilakukan pengambilan sampel skrinning dengan menggunakan alat pendeteksi GeNose C19, pada Rabu 28 April 2021 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KUBURAYA - Sejumlah awak kapal maupun penumpang di Pelabuhan KTM Rasau Jaya, Kabupaten Kubu Raya dilakukan pengambilan sampel skrinning dengan menggunakan alat pendeteksi GeNose C19, pada Rabu 28 April 2021.

Pengambilan sampel skrinning itupun dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Kubu Raya, saat bersama petugas gabungan dari Dinas Perhubungan Kabupaten Kubu Raya bersama Kepolisian Resor (Polres) Kubu Raya dan stakeholder lainnya, melakukan pengatisipasian terjadinya lonjakan arus Mudik menjelang Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah.

Mengingat, pelabuhan KTM Rasau Jaya merupakan salah satu pintu masuk jalur perairan ke Kabupaten Kubu Raya.

Baca juga: Diskes Kubu Raya Kembali Gelar Vaksinasi COVID Massal, Karyawan Tribun Ikuti Penyuntikan Dosis Kedua

"Kita bersama Satgas Kabupaten Kubu Raya ini melakukan pemeriksaan genose di pelabuhan KTM Rasau Jaya, terhadap masyarakat yang melakukan aktivitas perjalanan. Dan spesifik lagi yang melakukan perjalanan lintas kabupaten," ungkap Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kubu Raya, Abang Darmawansyah.

Ia mengatakan, tujuan dari pengambilan sampel skrinning dengan menggunakan alat pendeteksi GeNose C19 inipun, ialah untuk mendekteksi secara dini penyebaran covid-19.

"Yang paling utama disini kita ketahui banyak pelaku perjalanan dari kabupaten Kayong Utara menuju ke Kabupaten Kubu Raya, dan sebaliknya," ujarnya.

"Jadi beberapa hal yang perlu kita antisipasi dalam rangka pencegahan ataupun memantau penyebaran Covid-19 ini, kita berupaya untuk melaksanakan semaksimal mungkin mengenai testing ini. Jadi GeNose ini bagian daripada upaya kita melakukan testing," sambungnya.

Lanjut Abang juga menyampaikan bahwa setidaknya 200 sampel telah disiapkan pihaknya dalam melakukan skrinning di Pelabuhan ini.

"Yang pasti akan kita lakukan terus secara bertahap. Dimana saat ini juga kita telah memasuki musim pra larangan mudik. Maka kitapun berupaya untuk terus melakukan testing," ucapnya. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved