Breaking News:

Wali Kota Pontianak Dukung Penerapan Sistem Merit untuk Tingkatkan Daya Saing ASN

Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono mendukung penerapan sistem merit dalam tata kelola manajemen Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemerintah

TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono meneken komitmen pelaksanaan tata kelola manajemen ASN berbasis Sistem Merit. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono mendukung penerapan sistem merit dalam tata kelola manajemen Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak. 

Dukungan, tersebut dibuktikan dengan penandatanganan komitmen pelaksanaan tata kelola manajemen ASN berbasis sistem merit yang dilaksanakan oleh Kantor Regional V BKN, di Hotel Aston Pontianak, pada Kamis 29 April 2021.

"Tentunya dengan menerapkan sistem merit dalam manajemen ASN ini akan terbentuk aparatur yang berkompeten dan dapat diandalkan dalam memberikan pelayanan publik," ujarnya.

Baca juga: Kuliner Khas Kota Pontianak, Sotong Pangkong Jadikan Pengujung Tak Bisa Move On

Edi menilai, bahwa sistem merit sangat menunjang bagi terbentuknya profesionalitas ASN. Sebagaimana, sistem merit merupakan kebijakan dan manajemen ASN yang berdasarkan kualifikasi, kompetensi dan kinerja secara adil dan wajar dengan tanpa membedakan latar belakang politik, ras, warna kulit, agama, asal usul, jenis kelamin, status pernikahan dan umur atau kondisi kecacatan. 

Sistem tersebut tertuang dalam Undang-undang (UU) Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN, pasal 51 yang menyebutkan bahwa manajemen ASN diselenggarakan berdasarkan sistem merit.

"Kompetensi dan kinerja yang diberlakukan secara adil dan wajar tanpa adanya diskriminasi. Kebijakan ini sebuah terobosan dalam meningkatkan daya saing ASN di era transformasi digital seperti sekarang ini," lanjutnya.

Era transformasi digital yang dihadapi saat ini memang menurutnya membutuhkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas dan profesional. 

"Dengan meningkatnya kualitas SDM, termasuk aparatur di pemerintahan, maka Kota Pontianak akan memiliki kemampuan daya saing. Adanya sistem merit dalam tata kelola manajemen ASN ini bertujuan meningkatkan SDM aparatur agar berdaya saing," ucapnya. (*)

Penulis: Muhammad Rokib
Editor: Hamdan Darsani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved