Breaking News:

Ribuan Orang Masuk Kalbar Selama Ramadan, Waspada Penumpang Kapal Positif Covid-19

Direncanakan dalam waktu dekat akan dibangun posko terpadu instansi terkait di area Terminal Penumpang Pelabuhan Dwikora Pontianak

TRIBUNPONTIANAK/Ferryanto
Kapolresta Pontianak Kombespol Leo Joko Triwibowo 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Penumpang yang masuk ke wilayah Kalbar melalui Pelabuhan Dwikora Pontianak diperiksa ketat jajaran Polresta Pontianak Kota.

Langkah ini dalam upaya memperkuat Satgas Percepatan Penanganan Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

"Untuk penanganan akan dikoordinasikan dengan Pemerintah Kota Pontianak dan Pemerintah Provinsi, dan kami akan mendirikan pos pengamanan di kawasan Pelabuhan, karena disana merupakan wilayah PT Pelindo," ujar Kapolresta Pontianak, Komisaris Besar Polisi Leo Joko Triwibowo, Rabu 28 April 2021.

Ia menegaskan, kepolisian akan turut serta dalam pengawasan penerapan protokol kesehatan di kawasan Pelabuhan Dwikora Pontianak.

Baca juga: Cegah Covid-19, Satbinmas Polres Melawi Sambangi Masjid Gelar Bintibmas

"Penumpang kapal inikan berasal dari berbagai macam provinsi dan ini betul-betul harus diwaspadai. Kita tidak tahu bahwa dari provinsi asal warga ini masuk dalam pandemi atau tidak," tegas Polisi Leo Joko Triwibowo.

Kapolsek Kawasan Pelabuhan Dwikora Pontianak Iptu Wendi Sulistiono menambahkan, sejak Ramadan, jajarannya melakukan pengamanan di terminal penumpang maupun terminal kapal barang bekerja sama dengan satuan pengamanan dari PT Pelindo.

"Saat Ramadan kita lakukan penebalan personel di terminal penumpang. Setiap kapal yang membawa penumpang selalu kita lakukan pengamanan serta kita berikan pelayanan kepada lansia, disabilitas, ataupun ada yang sakit dengan menyiapkan kursi roda. Nanti anggota yang akan mengantar hingga ke terminal penumpang,” kata Iptu Wendi Sulistiono.

Iptu Wendi menjelaskan, dalam waktu dekat akan dilaksanakan Operasi Ketupat Kapuas. “Kami bersama steakholder terkait juga akan mendirikan posko pengamanan yang dimana di dalamnya ada dati Polri, TNI, KSOP, Pelindo, KKP dan Basarnas," tuturnya.

Pemerintah telah resmi melarang masyarakat untuk melakukan mudik pada Idul Fitri 2021 ini. Pengetatan pelarangan mudik oleh pemerintah telah dilakukan sejak 22 April 2021 lalu, sementara pelarangan mudik dilaksanakan mulai 6 April 2021.

Berdasarkan papan informasi yang Tribun amati di loket Pelabuhan Dwikora Pontianak, jadwal kapal penumpang dari PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) Persero di Pelabuhan Dwikora Pontianak pada April 2021 sebanyak 10 kali kedatangan dan keberangkatan.

Baca juga: Cegah Penyebaran Covid-19, Bhabinkamtibmas Bagikan Masker kepada Warga Desa Setia Budi

Halaman
123
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved