Breaking News:

Ketentuan Mudik Lokal, Kota Pontianak dan Kabupaten Kubu Raya Masuk Kawasan Aglomerasi di Kalbar 

Mudik lokal adalah mudik yang diizinkan selama berada di wilayah aglomerasi. Dimana daerah tersebut mempunyai konektivitas tinggi yang saling berhubun

TRIBUNPONTIANAK/Anggita Putri
Kadishub Kalbar, Ignasius saat diwawancarai di Ruang Kerjanya, Kamis 29 April 2021 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Pemerintah Pusat telah memutuskan larangan mudik Lebaran pada 6 hingga 17 Mei 2021. 

Namun ada pengecualian larangan mudik di beberapa wilayah kabupaten atau kota yang sering disebut dengan istilah mudik lokal

Mudik lokal adalah mudik yang diizinkan selama berada di wilayah aglomerasi. Dimana daerah tersebut mempunyai konektivitas tinggi yang saling berhubungan atau saling menopang. 

Jadi dalam satu wilayah aglomerasi, warga diizinkan melakukan mudik lokal atau perjalanan antar kota atau kabupaten yang saling terhubung.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Barat, Ignasius menjelaskan di Kalbar sendiri Kota Pontianak dan Kubu Raya serta sebagian dari wilayah di Kabupaten Mempawah yang berbatasan dengan Kecamatan Siantan merupakan daerah Aglomerasi. 

Baca juga: Larangan Mudik, Polres Kubu Raya Akan Perketat Penjagaan Antar Wilayah

Ia mengatakan Kota Pontianak adalah ibu kota Provinsi Kalbar yang memiliki daerah penunjang penggembangan kota yang merupakan sub bagian yang agak sulit dipisahkan dari pengembangan di Kota Pontianak yang memang bergantung kepada daerah hinterlend nya yang memiliki konektivitas tinggi dengan Kota Pontianah.

“Oleh karena itu sudah sewajarnya Kota Pontianak dan Kabupaten Kubu Raya menjadi daerah aglomerasi yang tidak bisa terpisahkan dari ibu kota Kalbar,”ujarnya kepada Tribun Pontianak, Kamis 29 April 2021.

Ia menjelaskan ada sebagian orang di Kota  Pontianak yang bekerja  di Kabupaten Kubu Raya dan sebaliknya, lalu aktivitas ekonomi juga demikian. 

“Aktivitias ekonomi masyarakat juga ditunjang oleh daerah penyanggah yang masuk menjadi daerah aglomerasi yang menyanggah kota seperti Kota Pontianak dan Kubu Raya,” jelasnya.

Selain itu dalam penetapan daerah aglomerasi juga telah ditetapkan dalam hukum tidak sembarangan. 

Halaman
12
Penulis: Anggita Putri
Editor: Hamdan Darsani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved