Breaking News:

Erlina Prioritaskan Bangun Infrastruktur Publik Seccara Efektif, dan Merata di Kabupaten Mempawah

Bupati Mempawah, Erlina, menyampaikan bahwa pembangunan di Kabupaten Mempawah Tahun 2019-2024, diprioritaskan pada Misi ke-3 yakni 'Membangun Infrastr

Penulis: Ramadhan | Editor: Hamdan Darsani
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Pemerintah Daerah Kabupaten Mempawah bersama dengan Forum Pengelola TJSP Kabupaten Mempawah, menggelar Workshop Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (TJSP), di Gedung MCC Mempawah, Kamis 29 April 2021. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, MEMPAWAH - Pemerintah Daerah Kabupaten Mempawah bersama dengan Forum Pengelola TJSP Kabupaten Mempawah, menggelar Workshop Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (TJSP).

Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh orang nomor satu di Kabupaten Mempawah, yakni Bupati Erlina.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Gedung Mempawah Convention Center (MCC), Kamis 29 April 2021.

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Pakar Ekonomi dan Kebijakan Publik, Prof Edy Suratman, Pakar Ekonomi dan KEK, Dr. M Rizal Taufikurahman, Pakar CSR Berbasis ISO 26000 dan Circular Economy, Ir Suharman Noerman.

Kegiatan tersebut dilaksanakan dengan tetap mengedepankan penerapan protokol kesehatan.

Baca juga: Gelar Workshop TJSP/CSR, Ismail Sampaikan Maksud dan Tujuannya

Bupati Mempawah, Erlina, menyampaikan bahwa pembangunan di Kabupaten Mempawah Tahun 2019-2024, diprioritaskan pada Misi ke-3 yakni 'Membangun Infrastruktur Publik yang Memadai dan Efektif Secara Merata'.

"Yaitu mempercepat penyediaan infrastruktur dasar berupa jalan, jembatan, energi listrik dan air bersih, menata pelabuhan samudra yang berwawasan lingkungan, menambah ruang terbuka hijau," katanya.

Yang kesemuanya ini didasarkan pada kesesuaian tata ruang dan daya dukung lingkungan serta diorientasikan untuk mendorong peningkatan kualitas pembangunan yang berkelanjutan.

"Dengan target indikator Indeks Infrastruktur tahun 2021 ini sebesar 70,47 persen serta Indeks Kualitas Lingkungan Hidup pada tahun 2021 sebesar 72,26 persen," ujarnya.

Untuk itu, dalam melaksanakan Misi ke 3 tersebut Pemerintah Daerah Kabupaten Mempawah melakukan strategi dengan melakukan Pemerataan Pembangunan infrastruktur ke seluruh daerah dengan melakukan 4 arah kebijkan.

"Diantaranya, meningkatkan cakupan dan kualitas layanan transportasi khususnya ke sentrasentra produksi dan daerah tertinggal/terpencil, meningkatkan cakupan dan kualitas layanan air minum dan air bersih, meningkatkan pembangunan irigasi pertanian, dan meningkatkan konektivitas anatar desa/kecamatan," terangnya.

Oleh Karena itu kata Erlina, pada kesempatan yang baik ini, peran perusahaan swasta dengan partisipasi TJSP/CSR-nya itulah yang sangat diharapkan, baik dalam upaya perlindungan dan bantuan sosial berupa hibah, pemberdayaan sosial kemasyarakatan, yang kesemuanya itu dapat terakomodir dalam suatu program tanggung jawab sosial perusahaan/CSR.

"Dengan demikian peran dan kontribusi dunia usaha sangatlah dinanti, sehingga Misi ke-2 dapat sama sama kita kawal, dampingi, dan dilaksanakan dengan baik, InsyaAllah dengan sinergi yang baik antara Pemerintah Daerah dengan masyarakat dan dunia usaha, dapat mewujudkan visi Pemerintah Kabupaten Mempawah, yakni Menjadikan Kabupaten Mempawah Cerdas, Mandiri, dan Terdepan,” harapnya.

Untuk mewujudkan itu semua kata Erlina, tentulah diperlukan koordinasi yang sinergis, agar penggunaan dana yang telah disiapkan dalam program TJSP/CSR tepat sasaran, efektif, efisien dan terevaluasi.

"Dengan demikian maka setiap tahun akan ada peningkatan-peningkatan program pembangunan melalui TJSP/CSR ini, baik kualitas, kuantitas maupun jenis dan pelaksanaannya," tegasnya. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved