Breaking News:

Sering Terjadi Kebakaran di Pedalaman, Wabup Sudiyanto Dorong Desa Bentuk Relawan Damkar

Seperti kebakaran yang baru saja terjadi di Desa Sungai Segak, Kecamatan Sepauk, termasuk di Nanga Pari, Maret lalu, yang menyebabkan satu korban jiwa

TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Wakil Bupati Sintang, Sudiyanto mengunjungi sekaligus menyerahkan bantuan kepada warga Desa Sungai Segak, Kecamatan Sepauk, yang mengalami musibah kebakaran. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID,SINTANG - Wakil Bupati Sintang, Sudiyanto mendorong setiap desa yang ada di Kabupaten Sintang, untuk membentuk relawan pemadam kebakaran.

Hal itu dianggap Sudiyanto sangat dibutuhkan, mengingat damkar yang ada di kabupaten kesulitan menjangkau kecamatan atau desa saat terjadi kebakaran, karena jarak yang terlampau jauh.

Seperti kebakaran yang baru saja terjadi di Desa Sungai Segak, Kecamatan Sepauk, termasuk di Nanga Pari, Maret lalu, yang menyebabkan satu korban jiwa meninggal dunia.

Baca juga: Dua Rumah Guru di Sepauk Ludes Terbakar, PGRI Sintang Galang Bantuan

Lokasi kebakaran di Desa Nanga Pari, letaknya sangat jauh. Dari Kecamatan Sepauk, saja membutuhkan waktu 4 jam perjalanan.

Kondisi jalan pun sulit dilalui kendaraan sehingga pemadam kebakaran tidak dapat mencapai TKP. Warga berusaha memadamkan api dengan peralatan seadanya, namun api yang cepat membesar sukar diatasi.

"Perlu kewaspadaan antisipasi kedepan. Alat pemadam diperlukan di setiap desa, harus diadakan, paling tidak jenis robin, supaya itu bentuk antisipasi, ada pemadam sukarelah lah, ditingkat desa dibentuk oleh desa. Embung juga juga harus ada. Dana desa juga bisa dianggarkan untuk penyediaan alat pemadam," ujar Sudiyanto, Selasa 27 April 2021.

Selain itu, Sudiyanto juga mengingatkan soal instalasi listrik. Apalagi, banyak terjadi kebakaran diduga akibat korsleting listrik.

"Kabel listrik juga harus jadi perhatikan, harus yang standar. Kepada masyarakat, kebakaran bukan hanya di sepauk, terjadi juga di kecamatan lain, masyarakat perlu hati hati dan tingkatkan kewaspadaan. Api kecil itu kawan, besar jadi lawan," tukasnya. (*)

Penulis: Agus Pujianto
Editor: Hamdan Darsani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved