Breaking News:

Ramadan 2021

Ramadan Sebagai Pendidikan Terbaik di Masa Pandemi

Hal utama yang penting di tengah pandemi ini adalah “belajar” agar tetap bersabar dan optimis. Puasa yang diwajibkan bagi umat Islam, memiliki nilai p

TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Kaprodi Tadris Bahasa Inggris FTIK IAIN Pontianak, Sulaiman, M. Pd. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Ramadan merupakan bulan tarbiyah, mendidik hawa nafsu, menempa keinginan, kepentingan, dan prinsip hidup. Namun Era pandemi tentunya memberikan banyak perubahan dan berdampak pada setiap aspek kehidupan saat ini, khususnya pada tradisi dan ibadah kita selama di bulan suci.

Pandemi covid-19 saat ini kembali menjadi ujian bagi umat Islam dunia, tak terkecuali di Indonesia, terlebih lagi pada bulan suci ini. Dalam QS.2:155-156-157 disebutkan “Dan sungguh kami akan menguji kalian dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah kabar gembira bagi mereka yang sabar, (yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah mereka berkata: Sesungguhnya kami milik Allah dan kepada-Nya kami kembali. Mereka itulah yang mendapatkan keberkahan dan rahmat dari Robb mereka, dan mereka itulah orang yang mendapatkan petunjuk”.

Hal utama yang penting di tengah pandemi ini adalah “belajar” agar tetap bersabar dan optimis. Puasa yang diwajibkan bagi umat Islam, memiliki nilai pendidikan tentang optimisme. Bagaimana kita harus bersabar menahan rasa haus, dahaga dan nafsu birahi sepanjang matahari di bumi khatulistiwa ini adalah ajaran untuk percaya dan meyakini bahwa kita mampu bertahan melalui berbagai ujian.

Kepercayaan bahwa waktu berbuka akan tiba bi idznillah, juga merupakan ajaran optimisme untuk selalu memandang ke depan dengan pandangan yang baik. Ibnu Sina berkata Khawatir adalah separuh penyakit, ketenangan adalah separuh pengobatan, dan kesabaran adalah awal dari kesembuhan.”

Kita juga harus memaknai Ramadhan ini sebagai kesempatan. Kesempatan bagi kita untuk belajar dan tumbuh menjadi pribadi yang lebih tangguh, sabar, dan tegar. Selama ini, kita mungkin terlupa menjadi manusia seutuhnya.

Baca juga: Kultum Ramadhan Hari ke 15 Puasa Ramadhan 2021/1442 H Tema Ceramah Kultum Ramadhan 2021

Banyak hal yang kita lupakan, kita abaikan, kita anggap tidak penting demi sesuatu yang kita kejar. Kita diminta untuk sadar, bahwa ternyata banyak sekali hal yang tidak dapat kita kendalikan, tidak sesuai dengan rencana dan harapan kita. Ini adalah waktu kita untuk menyadari, menerima, dan memperbaiki.

Apalagi di bulan Ramadan yang selalu menjadi bulan kita untuk melakukan “reset” dan menjadi manusia baru yang lebih baik.

Ramadan merupakan masa dimana kita dapat melakukan refleksi pada diri kita dan juga kehidupan spiritual kita. Ramadan mengajarkan kita untuk lebih dekat dengan Allah, pun dengan sesama. Ramadan mengajarkan kita untuk mampu mengelola diri, memberikan kesempatan pada diri kita untuk melakukan perenungan dan mengelola pikiran, keinginan, serta perilaku kita.

Bulan dimana kita diingatkan dengan lebih banyak kegiatan dan praktek untuk berbagi dengan sesama. Semoga, walaupun di era pandemi ini, kita tetap dapat mengambil manfaat dan hikmah dari apa yang selama ini kita lakukan. Tetap jalani kehidupan sesuai himbauan.

Berikan waktu bukan hanya untuk update informasi atau meningkatkan produktivitas, namun juga untuk rehat sejenak. Bukan hal yang tidak mungkin pada akhirnya kesempatan ini dapat membuat kita menjadi pribadi yang lebih tangguh, tegar dan taat.

Halaman
12
Penulis: M Wawan Gunawan
Editor: Rivaldi Ade Musliadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved