Pastikan Aspirasi Para Damkar Telah Disampaikan, Christiandy : Perlu Bersama-sama Atasi Bencana

Biasanya Pemadam berkoordinasi dengan pihak Kabupaten, Kecamatan, kepolisian dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah.

Penulis: Ridho Panji Pradana | Editor: Try Juliansyah
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/Istimewa
Agus Yahya sebagai pengurus pemadam kebakaran Segedong dalam acara pertemuan dialog dengan anggota DPD RI Bapak Christiandy Sanjaya, Senin 26 April 2021. IST 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Aspirasi dari pemadam kebakaran sudah banyak diterima. Hampir sama apa yang di alami oleh pemadam kebakaran di seluruh Kalimantan Barat.

Pemadam kebakaran banyak sekali menghadapi kendala berupa unit pemadam yang perlu diremajakan, selang yang kurang memadai atau bocor, peralatan keamanan bagi petugas pemadam dan termasuk di dalamnya untuk biaya operasionalnya.

Hal serupa juga di alami oleh Pemadam kebakaran Segedong yang berdiri sejak tahun 1980.

Kegiatan yang dimulai dengan swadaya masyarakat dan kemudian berubah menjadi badan, yang memiliki akta notaris sebagai Badan Pemadam kebakaran Segedong pada tahun 2003 sangat menolong masyarakat yang terkena musibah kebakaran.

Baca juga: Meriam Karbit Raksasa, Tradisi Turun Temurun Kelompok Setia Tambelan Meriahkan Idul Fitri

Masyarakat sangat merasakan manfaat yang besar dengan kehadiran Pemadam kebakaran Segedong yang memiliki dua unit mobil Pemadam kebakaran dan sepeda motor dengan mesin air, alat pemadam kebakaran.

Selain itu, seringnya terjadi kebakaran lahan juga menjadi persoalan yang dihadapi dan pemadam kebakaran Segedong ikut berperan aktif di dalam membantu pemerintah agar kebakaran lahan dapat teratasi.

Biasanya Pemadam berkoordinasi dengan pihak Kabupaten, Kecamatan, kepolisian dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah.

Demikian disampaikan oleh Agus Yahya sebagai pengurus pemadam kebakaran Segedong dalam acara pertemuan dialog dengan anggota DPD RI Bapak Christiandy Sanjaya, Senin 26 April 2021.

Dalam dialog, Christiandy menyampaikan bahwa sebagai anggota DPD RI di Komite II dapat bertemu langsung dalam rapat dengan Badan Penanggulangan Bencana Nasional serta memberikan masukan sesuai dengan aspirasi yang ada di daerah Kalimantan Barat sehingga bantuan dari Pusat dapat disalurkan ke daerah.

"Aspirasi dari daerah yang diterima beberapa waktu yang lalu, telah disampaikan ke ketua BNPB," katanya.

Di bulan Maret 2021 lalu, dalam pertemuan dengan ketua BNPB, aspirasi dari seluruh pemadam kebakaran dan yang tergabung dalam asosiasi tersampaikan dengan baik dan memperoleh respon yang sangat baik dari ketua BNPB Bapak Doni Mornado.

Walaupun ada aspirasi untuk pengadaan pemadam kebakaran dengan peralatan tangga yang melekat di Mobil Pemadam, belum dapat direalisasikan saat ini.

Tetapi sudah menjadi pemikiran untuk kebutuhan asosiasi pemadam kebakaran yang ada.

Sedangkan untuk kebutuhan lainnya,seperti selang, helm, sepatu dan keperluannya lainnya akan disepdiakan melalui dana yang bersumber dari APBN, yang akan disampaikan nantinya ke BPBD setempat di seluruh Indonesia.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved