Breaking News:

Kemenkumham: Anton Lesiangi Pemilik Paten Lemkari, Br Steph Minta Pihak Lain Copot Logo Lemkari

Br Stephanus Paiman OFM Cap mengatakan, “Sekarang sudah sangat jelas bahwa nama dan Logo Lemkari hanya diakui pemakaiannya oleh Lemkari Anton Lesiangi

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID
Foto bersama para anggota Lemkari Pengcab Kabupaten Landak saat mengadakan Ujian Penurunan kyu di Aula Maniamas, Kota Ngabang, Kabupaten Landak pada Minggu (10/3/2018). 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Lembaga Karate-do Indonesia (Lemkari) dengan pendiri Zhuseki Shihan Anton Lesiangi (AL) kini boleh bernafas lega. Penyebabnya, Kementerian Hukum dan HAM RI (Kemenkumham) menolak permohonan pihak lain untuk menggunakan merek paten Lemkari.

Sebelumnya ada pihak lain yang mencoba memakai nama tersebut dan telah mengajukan legalisasi penggunaan merek kepada Kemenkumham. Dalam keterangan tertulisnya, Sekretaris Jenderal Pengurus Besar (PB) Lemkari DR Andi Zainal SH MH mengatakan bahwa permohonan oknum tersebut telah ditolak oleh Kemenkumham berdasarkan Putusan Mahkamah Agung RI bernomor 428 K/TUN/2019 tertanggal 14 Oktober 2019 berdasarkan pasal (4) UU No 15 tahun 2001 tentang merek.

“Putusan tersebut ditolak karena adanya itikad tidak baik pemohon, tulisnya berdasarkan surat Kemenkumham bernomor HK.4.HI.06.01.PO.- J002014012936 tentang pemberitahuan penilaian keberatan,” ungkap Andi Zainal, Kamis 22 April 2021.

Sekretaris Jenderal Pengurus Besar (PB) Lemkari DR Andi Zainal SH MH menegaskan bahwa penggunaan nama merek Lemkari kini hanya satu yang berhak berdasarkan keputusan hukum. “Maka, jika ada oknum yang memakai selain Lemkari AL maka itu dianggap ilegal,” tegasnya.

Ia mengatakan, permohonan atas nama oknum atau pihak lain untuk penggunaan nama Lemkari ditolak oleh direktur merek dan tidak diperkenankan menggunakan nama Lemkari.

KARATEGI GRATIS - Bendahara Umum PB Lemkari Br Stephanus Paiman OFM Cap memberikan karategi atau dogi gratis kepada kohai yang berasal dari anak-anak panti asuhan  Hieronimus yang dibina oleh Fr Fransiskus Roke MSA dan RP Romanus MSA, Sabtu (28/2/2021).
KARATEGI GRATIS - Bendahara Umum PB Lemkari Br Stephanus Paiman OFM Cap memberikan karategi atau dogi gratis kepada kohai yang berasal dari anak-anak panti asuhan Hieronimus yang dibina oleh Fr Fransiskus Roke MSA dan RP Romanus MSA, Sabtu (28/2/2021). (IST/FRKP Karate Club)

Terpisah, Bendahara PB Lemkari, Br Stephanus Paiman OFM Cap, mengatakan, “Sekarang sudah sangat jelas bahwa nama dan Logo Lemkari hanya diakui pemakaiannya oleh Lemkari Anton Lesiangi. Di luar itu ilegal dan dapat dilaporkan pidana.”

Br Stephanus Paiman OFM Cap, yang juga Ketua Pengprov Lemkari Kalbar tersebut menambahkan, “Khusus untuk Kalbar, silahkan yang mengklaim perguruannya Lemkari untuk menggunakan nama dan logo yang lain agar tidak bermasalah dengan hukum.”

Br Stephanus Paiman OFM Cap menambahkan, “Ada mobil jeep hardtop yang di belakang nya ada logo Lemkari, itu tolong dibuka. Sebab, pemilik kendaraan tersebut sudah tidak punya hak untuk menggunakan lambang logo Lemkari tersebut. Juga yang dipasang pada dogi atau karategi mereka, mohon dengan hormat untuk dibuka.”

Br Stephanus Paiman OFM Cap mengatakan, untuk di Kalbar, Lemkari AL sekretariat Pengprov-nya berada di Jl Purnama, Gg Purnama 9 No 1B, Pontianak Selatan.

Penulis: Stefanus Akim
Editor: Stefanus Akim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved