Breaking News:

Enam Polsek di Bengkayang Tak Lakukan Penyidikan, Antonius : Polsek Tetap Bisa Lakukan Penangkapan

Kapolres Bengkayang Akbp NB. Darma mengatakan, untuk upaya selanjutnya terkait kebijakan itu akan disampaikan dan tingkat kewenangan personel khusus p

Penulis: Jovi Lasta
Editor: Hamdan Darsani
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Kasat Reskrim Polres Bengkayang Akp Antonius Trias Kuncorojati, Kamis 22 April 2021. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, BENGKAYANG - Sebanyak enam Polsek-polsek jajaran Polres Bengkayang kini tidak lagi melakukan penyidikan, Kapolres Bengkayang Akbp NB. Darma menyebut pihaknya siap menjalankan kebijakan tersebut.

Kapolres Bengkayang Akbp NB. Darma mengatakan, untuk upaya selanjutnya terkait kebijakan itu akan disampaikan dan tingkat kewenangan personel khusus pada fungsi teknis Reskrim.

"Bagaimana upaya selanjutnya, ini tentu secara teknis nanti akan disampaikan," ucap AKBP NB Darma.

"Bagaimana tingkat kewenangan personil khususnya pada fungsi teknis Reskrim, apakah mereka pada tataran tertentu mereka bisa melakukan upaya-upaya hukum, kita masih menunggu," tambahnya.

Baca juga: Wujud Kepedulian di Bulan Ramadhan, Sat Polairud Polres Bengkayang Berbagi Takjil ke Takmir Masjid

Pada prinsipnya, Ia melanjutkan ketika instruksi telah dikeluarkan dan keputusan ditetapkan maka jajaran Polres Bengkayang siap melaksanakan hal tersebut.

"Tidak perlu ada kebingungan, intinya proses ini tetap dilakukan akan tetapi kapasitas dan posisinya secara umum di Polres,"tutupnya.

Sementara itu, Kasat Reskrim Polres Bengkayang AKP Antonius Trias Kuncorojati mengatakan bahwa para penyidik yang berada di wilayah Polsek-polsek tersebut akan ditarik ke Polres hal itu untuk memperkuat jajaran Polres, Kamis 22 April 2021.

"Kedepannya, penyidik-penyidik yang ada di Wilayah Polsek itu nanti akan ditarik ke Polres untuk memperkuat Polres dan mempercepat laporan maupun pengaduan dari masyarakat," terang Akp Antonius.

Kendati demikian, Polsek yang tidak lagi melakukan penyidikan secara otomatis akan diarahkan kepada Pemeliharaan Keamanan Ketertiban Masyarakat (Harkamtibmas) terkhusus kepada enam Polsek dijajaran Polres Bengkayang.

"Polsek yang tidak ada penyidikan, otomatis menjalankan Harkamtibmas (Pemeliharaan Keamanan Ketertiban Masyarakat) dalam hal Problem Solving (Menyelesaikan segala masalah) menyelesaikan permasalahan-permasalahan Masyarakat," ujar Kasat Reskrim Polres Bengkayang ini.

Ditariknya penyidikan menuju Polres, bukan berarti tidak bisa melaksanakan proses penangkapan.

"Penangkapan tetap bisa dilakukan, karena setiap proses pelaksanaan tangkap tangan Polsek masih memiliki kewenangan itu," pungkasnya. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved