Breaking News:

Atasi Angka Pengangguran Tinggi, Dinas PMTK Singkawang Buka Pelatihan Kompetensi

Pelatihan kompetensi ini, di katakan Kepala DPMTK Singkawang, Asmadi, sudah digelar sejak bulan Maret 2021 lalu, untuk gelombang pertama.

Penulis: Rizki Kurnia
Editor: Hamdan Darsani
TRIBUNPONTIANAK/Rizki Kurnia
Kepala Dinas Penanaman Modal dan Tenaga Kerja (DPMTK) Kota Singkawang, Asmadi 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SINGKAWANG - Dalam mengatasi angka pengangguran yang meningkat akibat pandemi Covid-19 di Kota Singkawang, Pemerintah Kota Singkawang melalui Dinas Penanaman Modal dan Tenaga Kerja (DPMTK) Kota Singkawang menggelar pelatihan kompetensi atau pelatihan kemampuan dasar bagi warga Kota Singkawang yang tidak memiliki pekerjaan.

Pelatihan kompetensi ini, di katakan Kepala DPMTK Singkawang, Asmadi, sudah digelar sejak bulan Maret 2021 lalu, untuk gelombang pertama.

"Pada gelombang pertama ini, kami sediakan pelatihan elektronik, las, perbengkelan serta menjahit," terang Asmadi kepada wartawan, Rabu 21 April 2021.

Baca juga: Angka Pengangguran Meningkat, BPS Singkawang Lansir Data Ribuan Orang Menganggur

Pelatihan ini, Asmadi katakan, merupakan upaya konkret atau nyata yang bisa dilakukan Dinas PMTK Kota Singkawang untuk menekan angka pengangguran di Kota Singkawang.

Kebutuhan masyarakat dengan pelatihan ini juga, dia katakan cukup tinggi, hal ini terlihat dari animo masyarkat yang mendaftar untuk bisa ikut serta dalam pelatihan kompetensi ini.

"Namun, untuk saat ini, per bidang keterampilan ini, hanya tersedia kuota sebanyak 20 orang saja, kami juga menimbang kondisi pandemi Covid-19 agar terlalu ramai," lanjutnya.

Dia berharap, dengan adanya pelatihan ini, bukan hanya dapat memberikan kemampuan bagi pesertanya saja, namun juga menekan angka pengangguran di Kota Singkawang yang saat ini sedang tinggi.

"Kami berharap mereka yang memiliki keterampilan ini, kedepannya justru bisa membuat usahanya sendiri dan menciptakan lowongan pekerjaan bagi orang lain," harapnya.

Selain itu juga, Asmadi mengatakan, pihaknya juga meminta kepada badan usaha lainnya, untuk dapat bekerjasama bersama DPMTK Singkawang untuk meningkatkan kemampuan karyawannya apabila memerlukan pelatihan-pelatihan keterampilan.

"Jika ada pekerjanya yang belum terampil, bisa dikerjasamakan dengan DPMTK, mereka perlunya pelatihan seperti apa, nanti bisa dikoordinasikan bersama kami," terangnya. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved