Breaking News:

Liga Champions

SEJARAH Panjang Liga Champions Eropa, Tahukah Kalian ? Mampukah Liga Super Eropa Menandinginya ?

Pada musim 1955-1956, untuk pertama kali digelarlah European Cup yang kelak dikenal sebagai UEFA Champions League atau Liga Champions.

Ilustrasi - Sejarah Panjang Liga Champions Eropa. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID – Liga Super Eropa atau European Super League tengah hangat diperbincangkan pecinta sepak bola seluruh dunia.

Kompetisi ini disebut-sebut bakal menjadi tandingan dari turnamen yang memiliki sejarah panjang di daratan eropa yakni Liga Champions Eropa.

Kompetisi yang mempertemukan tim-tim elite dan teratas di klasemen akhir di Liga-Liga Eropa.

Lantas apakah musim ini akan menjadi akhir sejarah panjang Liga Champions ?.

Berikut kita akan mengulas sejarah panjang Liga Champions dari masa ke masa hingga saat ini.  Sebagian dari kalian mungkin mengenang momen-momen bahagia di final Liga Champions atau dulunya disebut juga Piala Champions. 

Baca juga: LIGA Champion UEFA 2020-2021 Live SCTV Babak Semifinal Tayang Rabu dan Kamis Dini Hari

Pada musim 1955-1956, untuk pertama kali digelarlah European Cup yang kelak dikenal sebagai UEFA Champions League atau Liga Champions.

Ide awal kompetisi antarklub Eropa tersebut ternyata dicetuskan oleh dua jurnalis media asal Perancis, L’Equipe, yaitu Gabriel Hanot dan Jacques Ferran.

Pada musim pertamanya, kompetisi itu diikuti oleh 16 tim yakni Real Madrid (Spanyol), Servette (Swiss), Sporting CP (Portugal), Partizan Belgrade (Serbia), Rapid Vienna (Austria), PSV Eindhoven (Belanda), AC Milan (Italia), Saarbrucken (Saarland, negara bagian Jerman), AGF Aarhus (Denmark), Stade Reims (Perancis), Voros Lobogo (Hungaria), Anderlecht (Belgia), Djurgarden (Swedia), Gwardia Warszawa (Polandia), Rot-Weiss Essen (Jerman), dan Hibernian (Skotlandia).

Ke-16 tim tersebut diadu satu dengan yang lain menggunakan sistem gugur.

Adapun pada babak awal, Real Madrid bertemu Servette.

Halaman
1234
Penulis: Zulkifli
Editor: Zulkifli
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved