Breaking News:

PRANCIS Ikut-ikutan ‘Panaskan’ Laut China Selatan, Kirim Kapal Selam Nuklir Lewati Selat Sunda

Komandan menambahkan, kapal selam tersebut telah muncul ke permukaan sebelum bergerak melalui Selat Sunda antara Jawa dan Sumatera.

Editor: Ishak
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ISTIMEWA VIA KONTAN.CO.ID
PRANCIS Ikut-ikutan ‘Panaskan’ Laut China Selatan, Kirim Kapal Selam Nuklir Lewati Selat Sunda.Cek selengkapnya di artikel ini Selasa 20 April 2021 /ILUSTRASI. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Laut China Selatan menjadi wilayah ‘panas’ yang kini kian menyedot atensi dari berbagai negara besar dunia.

Tak hanya ‘perang urat syaraf’ antara China dan Amerika Serikat serta negara-negara Asia Tenggara di kawasan Laut China Selatan atau South China Sea, beberapa negara Eropa juga ‘ikut-ikutan’ terlibat di wilayah laut yang disengketakan dan diklaim sepihak oleh Tiongkok atau China tersebut.

Baru-baru ini, Prancis menjadi satu di antara negara Eropa yang turut mengirimkan armada tempurnya ke wilayah Laut China Selatan.

Dikutip dari laman Kontan.co.id, Prancis telah mengerahkan kapal selam serang bertenaga nuklir ke Laut China Selatan, di tengah kekhawatiran baru atas tindakan agresif oleh Tiongkok.

Baca juga: CHINA Ancam Taiwan ! Tiongkok Siap Mulai Perang Besar Jika Taipei Bersekutu dengan Amerika Serikat

Melansir Kontan.co.id yang merangkumnya dari Express.co.uk, Angkatan Laut Prancis baru-baru ini mengungkapkan kapal selam serang bertenaga nuklir telah kembali dengan selamat setelah melakukan misinya ke Laut Cina Selatan.

Unjuk kekuatan itu terjadi di tengah ketegangan yang memburuk antara China dan negara-negara tetangga di wilayah tersebut atas perebutan kendali sejumlah pulau strategis.

Kapten kapal selam Prancis Antoine Delaveau mengatakan kepada Navy News bahwa kapal selam itu berhasil beroperasi sebagian tanpa terdeteksi.

Dia mengatakan kru telah mengarungi kapal, bernama Émeraude, dengan diam-diam.

Komandan menambahkan, kapal selam tersebut telah muncul ke permukaan sebelum bergerak melalui Selat Sunda antara Jawa dan Sumatera.

Baca juga: CHINA Ancam Amerika Serikat ! Tiongkok Kirim Kapal Induk ke Filipina, Pesawat Bom Nuklir ke Taiwan

Captian Delaveau melaporkan bahwa Émeraude berhasil menyeberangi Laut China Selatan tanpa insiden.

Halaman
12
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved