Resmikan Kampung Digital Gradasi, Edi Rusdi Kamtono Sebut Pontianak Punya Peluang Jadi Kota Digital

Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono meresmikan Kampung Digital Gradasi di Gang H. Mursyid, Kelurahan Benua Melayu Laut, Kecamatan Pontianak Selatan

Penulis: Muhammad Rokib | Editor: Hamdan Darsani
TRIBUNPONTIANAK/Muhammad Rokib
Foto saat peresmian Kampung Digital Gradasi di Gang H. Mursyid, Kelurahan Benua Melayu Laut, Kecamatan Pontianak Selatan, Kamis 15 April 2021. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono meresmikan Kampung Digital Gradasi di Gang H. Mursyid, Kelurahan Benua Melayu Laut, Kecamatan Pontianak Selatan, Kamis 15 April 2021.

Pada kesempatan itu, Edi Rusdi Kamtono menyampaikan, bahwa keberadaan kampung digital bisa memajukan aktivitas yang berkaitan dengan ekonomi kreatif. 

Sebagaimana, menurut Edi, berbagai produk UMKM bisa dipasarkan melalui pemanfaatan teknologi informasi, baik melalui marketplace di website waroengkite.id dan link aja.

Baca juga: Tiadakan Festival Meriam Karbit, Edi Kamtono Perbolehkan Masyarakat Membunyikan Meriam Karbit

"Kampung Digital Gradasi ini bisa dimanfaatkan masyarakat dalam kegiatan perekonomian dan lainnya. Semoga Kota Pontianak bisa menjadi salah satu Kota Digital di Indonesia yang akan dicanangkan ke depan," ujarnya.

Sebagaimana, Kampung digital gradasi ini merupakan bentuk kolaborasi bersama pelaku UMKM dengan memanfaatkan teknologi yang ada.

"Jika pemasaran semakin dikenal oleh masyarakat luas tentu produk UMKM akan semakin berkembang," lanjutnya.

Edi menerangkan, bahwa Kota Pontianak mempunyai peluang untuk menjadi kota digital di Indonesia. Hal tersebut, dikatakannya, berdasarkan data pengguna IT sudah mencapai 70 persen dari jumlah penduduk yang ada.

Untuk itu, dengan adanya kampung digital ini, ke depan diharapkannya bisa memberikan kontribusi, seperti memberikan pelatihan untuk mendapatkan informasi dan bertukar informasi untuk meningkatkan produktivitas para pelaku usaha UMKM.

Adanya kampung digital ini, Edi mengungkapkan, merupakan salah satu program yanh sejalan dengan program Pemerintah Kota Pontianak yakni smart city.

"Konkretnya dari tim kampung digital gradasi yang didukung oleh kementerian Kominfo melakukan pelatihan terhadap pelaku usaha, edukasi, bantuan yang bersifat untuk meningkatkan kualitas produksi yang ada disekitar. Dan BKKBN juga terlibat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, Dengan edukasi dan kegiatan ekonomi kreatif sehingga dampaknya bisa dirasakan masyarakat," jelasnya. (*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved