Breaking News:

Bumdes dan Bumdesma di Sekadau Belum 50 Persen, Pemkab Gelar Pembinaan

Menyikapi hal itu, Pemerintah Kabupaten Sekadau melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa menggelar pembinaan dan pemberdayaan Bumdes se-Kabupate

TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Pelaksanaan pembinaan dan pemberdayaan Bumdes se-Kabupaten Sekadau tahun 2021. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SEKADAU - Keberadaan Bumdes dan Bumdesma di Kabupaten Sekadau belum mencapai 50 persen dari total 7 kecamatan dan 87 desa. Pemerintah Kabupaten Sekadau lakukan upaya pembinaan dan pemberdayaan Bumdes se-Kabupaten Sekadau, Rabu 14 April 2021.

Pj Sekda Sekadau, Frans Zeno memaparkan secara khusus Kabupaten Sekadau memiliki 7 kecamatan dengan 87 desa. Keberatan Bumdes dan Bumdesma yang sudah terbentuk dan aktif ada 35 Bumdes dan 2 Bumdes Bersama (Bumdesma) yaitu Bumdesma Belitang Hilir Jaya kecamatan Belitang Hilir dan Bumdesma Usaha Bersama Kecamatan Nanga Mahap.

Sehingga dengan kondisi ini Kabupaten Sekadau yang terdiri dari 87 desa baru 40,22 persen yang memiliki Bundes. Dan dari 7 Kecamatan baru 28,58 persen yang memiliki Bumdesma.

Menyikapi hal itu, Pemerintah Kabupaten Sekadau melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa menggelar pembinaan dan pemberdayaan Bumdes se-Kabupaten Sekadau tahun 2021.

Baca juga: Antisipasi Cuaca Buruk, KPU Sekadau Siapkan Ruang Cadangan Untuk PSSU

Dengan tujuan meningkatkan pengetahuan dan pemahaman pihak kecamatan, desa dan para pengurus pengelola Bundes dalam pengembangan dan pengelolaan potensi ekonomi yang ada di desa. Sehingga diharapkan dapat menghasilkan pendapatan asli desa (PAD) yang optimal sesuai dengan yang diamanatkan dalam undang-undang Republik Indonesia nomor 6 tahun 2014 tentang desa.

"Diharapkan sepulangnya peserta kegiatan ini dapat memanfaatkan pengetahuan yang sudah didapat, serta pembinaan dari Dinas PMD dan pihak kecamatan dapat benar-benar dilakukan," kata Frans Zeno.

Adapun kegiatan pembinaan dilakukan secara bertahap, tahap 1 untuk Kepala Desa se-Kabupaten Sekadau, Rabu (14/4) dan tahap kedua bagi Direktur Bumdes se-Kabupaten Sekadau pada Kamis (15/4). (*)

Penulis: Marpina Sindika Wulandari
Editor: Rivaldi Ade Musliadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved