Breaking News:

Khatulistiwa Development Sukses Buka Rumah Baca di Desa Balai Karangan Kabupaten Sanggau

Sebanyak 2149 judul buku didistribusikan ke rumah baca tersebut yang bersumber dari para donatur literasi. tema-tema buku tersebut di antaranya tema p

TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Peresmian Rumah Baca di Desa Balai Karangan, Kecamatan Sekayam Kabupaten Sanggau yang digagas oleh Komunitas Khatulistiwa Development, beberapa waktu lalu. 

Citizen Reporter

Ayu Baitin Ningrum

sekretaris Khatulistiwa Development

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK -  Dalam rangka memenuhi kebutuhan bahan bacaan bagi masyarakat di kawasan perbatasan Komunitas Khatulistiwa Development melaksanakan program pengadaan rumah baca di Desa Balai Karangan, Kecamatan Sekayam, Kabupaten Sanggau Kalimantan Barat.

Rangkaian kegiatan membangun rumah baca digelar pada 9 April 2021 hingga 10 April 2021 lalu.

Sebanyak 2149 judul buku didistribusikan ke rumah baca tersebut yang bersumber dari para donatur literasi. tema-tema buku tersebut di antaranya tema pendidikan, pertanian, novel kesehatan, hukum, psikologi, politik dan lain sebagainya.

"Sasaran rumah baca Ini memang dikhususkan untuk seluruh masyakat perbatasan Dan alasan kami memilih desa balai karangan kecamatan sekayam Karena desa Ini merupakan central pendidikan," ujar Ketua Panitia Program Rumah Baca Deki.

Baca juga: Tanggulangi TB di Sanggau, Yayasan Bina Asri Koordinasi Dengan Dinkes Sanggau

Pihaknya berharap keberadaan rumah baca tersebut dapat dimanfaatkan sebaik mungikin oleh masyarakat di perbatasan. Rumah baca tersebut tidak hanya sebagai tempat membaca saja akan tetapi bisa menjadi tempat diskusi para pemuda untuk melahirkan Program Baru Karya karya Baru untuk kemajuan daerah perbatasan.

Apresiasi positif juga disampaikan oleh Kepala Desa Balai Karangan Erzan Umar. Menurutnya keberadaan rumah baca di wilayah desanya tersebut dapat menjadi wahana bagi para pemuda dan masyarakat untuk terus menambah pengetahuan.

"Mudah-mudahan apa yang ada ini menjadi salah satu kebanggaan kita yang ada dan dapat memberikan perubahan kepada anak-anak kita dalam rangka meningkatkan minat belajar atau minat membaca adik adik kita yang ada di perbatasan dan sekali lagi tetap semangat untuk mencerdaskan masyarakat perbatasan," ujarnya.

Camat sekayam Junaidi Juga juga memberi respon positif serta harapan untuk rumah baca yang sudah didirkan oleh komunitas Khatulistiwa devopment.

"Saya mengucapkan terimah kasih kepada KD telah mempolopori rumah baca kita dikecamatan mudah mudahan sesuai steatmen bupati sanggau Pintar," ujarnya.

"Kita dapat memwujudkannya. dengan adanya rumah baca ini, anak anak bisa membaca dan ada literatur bacaan dan dapat meningkatkan pengetahuan di era globalisasi ini. Kami juga berharap kegiatan ini bukan hanya sekedar diresmikan tapi berlanjut mudah-mudahan hal kecil bisa membuka dan membawa perubahan yang lebih besar," pungkas Junaidi. (*)

Editor: Hamdan Darsani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved