Breaking News:

Pengurus Ikatan Keluarga Maluku Singbebas Dikukuhkan, William Ajak Jaga Perdamaian Serta Toleransi

Pengukuhan tersebut digelar di Taman Rekreasi Teratai Indah (TRTI) Singkawang, pada Sabtu 10 April 2021 kemarin.

TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Ketua Umum IKM Singbebas, F William Soumokil menyampaikan sambutannya pada acara pengukuhan pengurus IKM Singbebas. Sabtu 10 April 2021. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SINGKAWANG - Pengurus baru Ikatan Keluarga Maluku (IKM) Singkawang Bengkayang Sambas (Singbebas) periode 2020-2025 dikukuhkan.

Pengukuhan tersebut digelar di Taman Rekreasi Teratai Indah (TRTI) Singkawang, pada Sabtu 10 April 2021 kemarin.

Ketua Umum IKM Singbebas, F William Soumokil mengatakan, warga Maluku di wilayah Singbebas telah berkembang pesat dan menjadi bagian dari keberagaman etnis di Kota Singkawang yang merupakan kota paling toleran di Indonesia. 

Baca juga: Dewan Dukung Pemkot Singkawang Normalisasi Sungai Tangani Banjir

"Sehingga warga Maluku Singbebas wajib menjunjung tinggi nilai-nilai adat budaya orang Maluku dan menjaga perdamaian serta toleransi dan membangun organisasi IKM mendukung pemerintah dalam berbagai pembangunan di wilayahnya," ujar William kepada wartawan, Minggu 11 April 2021.

Pembangunan ini, menurutnya, bukan hanya dilihat secara fisik saja, namun juga membangun kemampuan masyarakatnya sebagai Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas.

Acara pengukuhan ini diawali dengan tari-tarian adat Maluku yaitu Tari Lenso (Sapu Tangan) oleh remaja putri Maluku yang biasa ditampilkan untuk menyambut para tamu kehormatan.

Dalam kesempatan itu pula para undangan diperkenalkan secara singkat tarian khas orang Maluku seperti tari Toki Gaba-Gaba yang atraktif dan lagu-lagu daerah orang Maluku yang bertemakan persaudaraan orang Maluku yang erat. 

Kedepan, lanjut William, pengurus baru IKM Singbebas diharapkan akan mulai bekerja dengan penuh tanggung jawab, sehingga apa yang telah dilakukan saat ini akan menjadi sebuah momen penting bagi seluruh warga Maluku di Sing Bebas untuk berkontribusi positif di tengah masyarakat.

"Harapan kami ke depan agar semangat persatuan dan persaudaraan ini akan selalu harmonis di Kota Singkawang tercinta," ujarnya. (*)

Penulis: Rizki Kurnia
Editor: Hamdan Darsani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved