Breaking News:

Turut Berkontribusi Pulihkan Ekonomi Masyarakat, Kadin Kalbar Lakukan Pengiriman Kratom ke India

Satu di antaranya yang dilakukan dengan turut memberikan suport terhadap para pelaku usaha di kalimantan barat untuk mengirimkan barang-barang yang me

TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Pelepasan Kontainer Ekspor Serbuk Keratom yang dilakukan oleh Kadin Kalbar ke Negara India, Jumat 9 April 2021 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Kadin Kalbar terus berkomitmen untuk ikut berkontribusi terhadap pemulihan ekonomi masyarakat saat pandemi covid 19 masih melanda Indonesia dan Dunia.

Satu di antaranya yang dilakukan dengan turut memberikan suport terhadap para pelaku usaha di kalimantan barat untuk mengirimkan barang-barang yang memiliki kualitas impor, satu di antaranya adalah kratom.

Kadin Kalbar pada Jumat 9 April 2021 memulai melakukan pengiriman serbuk kratom dari Kalimantan Barat menuju daerah tujuan ekspor baru yakni India.

Satu kontainer berisi kratom seberat 7 ton itu  disaksikan oleh Sekretaris Dinas Perindustrian dan Perdangan Kalbar, Bulyadi serta Ketua Kadin Kalbar Santyoso Tio di kawasan pergudangan Jln Husein Hamzah.

Baca juga: Legislator Kalbar Dukung Balitbang Kalbar Terus Kembangkan Penelitian Kratom di Kalbar

Ketua Kadin Kalbar Santyoso Tio menuturkan bahwa tanaman kratom merupakan komoditas yang mampu menghidupi masyarakat di daerah pada masa pandemi ini.

Menurutnya banyak petani dan pelaku usaha mulai menjadikan kratom sebagai kegiatan utama untuk menggantungkan hidup.

"Tanaman ini kan hidupnya di hutan-hutan. Petani lokal kemudian memanennya. Yang dipanen juga hanya daun, dan pohonnya tetap lestari dan daunnya tumbuh terus," ujarnya.

"Dari segi ekonomi sangat membantu petani lokal kita. Sedangkan untuk lingkungan juga bagus," ujarnya.

Dirinya juga mendukung para UMKM hingga eksportir Kalbar untuk terus meningkatkan produksi tanaman ini dan mencari pasar seluas-luasnya.

Ia menambahkan kalau volume dan nilainya terus naik akan mempengaruhi ekonomi Kalbar secara keseluruhan. Multiplier effectnya juga akan kemana-mana, sehingga ekonomi masyarakat kembali bergerak dan bergairah.

Halaman
123
Editor: Hamdan Darsani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved