Breaking News:

Tingkatkan Produktivitas Produk, PLN Peduli Bantu UMKM Kantongi Sertifikat Halal

Dengan membeli produk lokal maka masyarakat juga dapat membantu para pelaku usaha bertahan di masa pandemi ini. Mari dukung usaha lokal

TRIBUN/DOK
Zulkarnain, pemilik Siomay dan Batagor Melvin di Purnama 2 Pontianak mendapat bantuan pengurusan sertifikat halal untuk produknya. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Pada tahun 2020 lalu, PLN Unit Induk Pembangunan Kalimantan Bagian Barat (UIP Kalbagbar) melalui program PLN Peduli membantu beberapa UMKM di Pontianak untuk meraih sertifikat halal.

Tak hanya itu saja, bantuan yang diberikan sekaligus menyalurkan bantuan peralatan operasional dalam upaya membantu berbagai UMKM tersebut untuk naik kelas.

Pelaku Usaha Kayong Utara Sudah Bisa Ajukan BLT UMKM Rp1,2 Juta

Pelaksanaan kegiatan bekerja sama dengan Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) KUMKM Provinsi Kalbar.

Zulkarnain, pemilik Siomay dan Batagor Melvin di Purnama 2 Pontianak merupakan salah satu pengusaha yang menerima bantuan tersebut.

Selain menerima sertifikat halal, ia juga memperoleh bantuan blender sebanyak 3 unit dan cooler box untuk operasional produksi.

Sertifikasi Halal di UU Cipta Kerja yang Baru Disahkan, MUI: Substansi Halalnya Jadi Ambyar

"Bantuan dari PLN ini sangat berguna untuk mempercepat proses produksi kami," ujarnya.

"Sebelumnya kami membutuhkan waktu sebanyak 3 jam untuk mengolah 25 kilogram ikan tengiri. Sekarang kami hanya membutuhkan waktu 1 jam lebih untuk mengolah jumlah ikan yang sama," jelasnya. 

Dia menambahkan bahwa pihaknya sangat berterima kasih kepada PLN karena bantuan ini sangat berarti di masa pandemi ini.

PLN UIP Kalbagbar Tuntaskan Pembangunan SUTT Sepanjang 287 kms

"Penjualan saat pandemi seperti ini memang mengalami penurunan, tapi kami tidak pantang menyerah dan mencoba berbagai cara untuk bertahan," ujarnya.

Dirinya juga menuturkan bahwa nantinya setelah masa aktif sertifikat halal yang sudah didapatkan berakhir, ia akan memperpanjang masa berlaku sertifikat tersebut dengan memanfaatkan kerja sama yang telah dibangun dengan PLUT KUMKM Provinsi Kalbar.

17 Pelaku UMKM di Kota Singkawang Dapat Sertifikat Halal

Senior Manager Pertanahan dan Komunikasi PLN UIP Kalbagbar, Hariyadi, menyebutkan sertifikasi halal sangat penting di saat ini untuk berbagai produk yang dikonsumsi.

Hal itu sejalan dengan upaya pemerintah untuk mengembangkan pariwisata halal di Indonesia tidak terkecuali di Pontianak.

Baca juga: KATEGORI Penerima BPUM 2021 dan Cek Penerima BLT UMKM Rp 1,2 Juta via eform.bri.co.id/bpum

“Selain itu, dengan membeli produk lokal maka masyarakat juga dapat membantu para pelaku usaha bertahan di masa pandemi ini. Mari dukung usaha lokal untuk memajukan perekonomian mereka,” ujar Hariyadi.

Tidak hanya menyajikan menu siomay dan batagor, Melvin juga memiliki berbagai menu yang lezat seperti ayam penyet, ayam geprek, nasi goreng, aneka jus, dan menu lainnya yang patut untuk dicoba.

Editor: Nina Soraya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved