Breaking News:

Cargill Serahkan Premi RSPO Sebesar Rp 2,5 Miliar ke Tujuh Koperasi Mitra di Ketapang

Acara penyerahan premi RSPO turut dihadiri Wakil Bupati Ketapang, H Farhan beserta jajaran, Ketua DPRD Ketapang, M Febriadi dan Presiden Direktur Unit

Penulis: Nur Imam Satria | Editor: Hamdan Darsani
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Presiden Direktur Unit Bisnis Cargil di Kalimantan, Anthony Yeow (ke-3 dari kanan) dan Wakil Bupati Ketapang, Farhan (ke-4 dari kiri) disaksikan oleh Ketua DPRD Ketapang, M. Febriadi (ke-3 dari kiri) beserta jajaran, menyerahkan secara simbolis premi RSPO senilai hampir Rp 2,5 miliar kepada tujuh koperasi pekebun plasma mitra Cargill. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KETAPANG - Sebanyak hampir Rp 2,5 miliar atau sekitar USD 165 ribu premi Roundtable Sustainability Palm Oil (RSPO) diberikan anak Perusahaan Cargill, yaitu PT Harapan Sawit Lestari (HSL), PT Indo Sawit Kekal (ISL) dan PT Ayu Sawit Lestari (ASL) kepada tujuh koperasi di wilayah Kabupaten Ketapang, Kamis 8 April 2021. 

Ketujuh koperasi tersebut adalah KUD Bakti Mandiri Cemerlang, KUD Sepakat Mekar, KUD Beringin Jaya Lestari, Koperasi Sepakat Sejahtera Lestari, Koperasi Harapan Lestari Mandiri, Koperasi Barokah Mitra Mandiri dan Koperasi Mitra Lestari yang mewakili 4 ribu lebih pekebun plasma di Ketapang.

Acara penyerahan premi RSPO turut dihadiri Wakil Bupati Ketapang, H Farhan beserta jajaran, Ketua DPRD Ketapang, M Febriadi dan Presiden Direktur Unit Bisnis Cargill Tropical Palm Kalimantan, Anthony Yeow serta para Ketua Koperasi mitra yang di gelar di Hotel Aston Ketapang.

Baca juga: Enam Ribuan Orang di Kabupaten Ketapang Sudah Jalani Vaksinasi 

Penyerahan premi RSPO merupakan bagian dari komitmen Cargill untuk membantu pekebun plasma berkembang. 

Cargill senantiasa mendukung kemajuan para pekebun plasma dalam mengadopsi praktik pertanian yang aman, bertanggung jawab serta berkelanjutan, melalui sertifikasi dan premi RSPO.

Jumlah premi RSPO yang diterima oleh tujuh koperasi mitra pada tahun fiskal Cargill ini, yang berakhir 31 Mei, secara total meningkat 17 persen melebihi premi yang diterima tahun sebelumnya senilai Rp 2,1 Miliar. 

Para pekebun plasma secara kolektif mengelola lebih dari 7.800 hektar sawit di bawah binaan Cargill di Ketapang, Kalimantan Barat.

Ketua Umum KUD Sepakat Mekar Desa Air Upas, Robertus Herman mengatakan, kerjasama dengan Cargill yang telah terjalin baik selama ini membuahkan hasil positif untuk keberlanjutan koperasi dan anggota. 

Praktik perkebunan sawit berkelanjutan dari Cargill, Menurutnya membantu para pekebun plasma anggota koperasi mitra untuk lebih memahami sistem persyaratan sawit global. 

"Melalui praktik pertanian terbaik dan berkelanjutan, hal ini dapat membawa hasil positif yang tercermin dalam pemberian premi untuk produk bersertifikat RSPO,” kata Robertus Herman.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved