Breaking News:

Pertama di Indonesia Kelurahan Cinde di Setapuk Besar Singkawang

"Deklarasi ini adalah satu-satunya dan pertama se-Indonesia," kata Mohamad kepada wartawan, Rabu 7 April 2021

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/Rizki Kurnia
Deklarasi sejumlah Tokoh Masyarakat Kelurahan Setapuk Besar sebagai Kelurahan Cinta Demokrasi (Cinde). Selasa 6 April 2021. /Rizki Kurnia 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SINGKAWANG - Koordinator Divisi (Kodiv) Penanganan Pelanggaran Bawaslu Provinsi Kalbar, Mohamad mengatakan, deklarasi 'Kelurahan Cinta Demokrasi (Cinde)' di Kelurahan Setapuk Besar, Kecamatan Singkawang Utara, Kota Singkawang Kalbar oleh Lurah bersama sejumlah Tokoh Masyarakat setempat, menjadi yang pertama dan satu-satunya di Indonesia.

"Deklarasi ini adalah satu-satunya dan pertama se-Indonesia," kata Mohamad kepada wartawan, Rabu 7 April 2021

Deklarasi ini, Mohamad katakan, sebagai wujud dari semangat masyarakat Kelurahan Setapuk Besar untuk mempersiapkan pemilihan Wali Kota, Gubernur, Pemilihan Presiden, DPR, DPD dan DPRD di tahun 2024.

Menurutnya, Kelurahan Cinde di Kelurahan Setapuk Besar ini menjadi pilot project atau percontohan di Indonesia, khususnya di Kalimantan Barat.

Baca juga: Bawaslu Singkawang Jadikan Setapuk Besar Sebagai Kelurahan Cinde

Dia berharap, ada deklarasi-deklarasi di kelompok-kelompok masyarakat di Desa dan Kelurahan lainnya.

"Karena Pemilu 2024 harus disiapkan sejak dini, bukan hanya disiapkan oleh penyelenggara, namun stakeholder atau kelompok masyarakat yang punya hak politik," katanya.

Kelurahan Cinde ini, menurutnya, menjadi pendukung Bawaslu Provinsi untuk mencegah pelanggaran, termasuk politik uang di masyarakat.

"Artinya ini sebagai bentuk kearifan masyarakat untuk mencegah terjadinya pelanggaran Pemilu di tahun 2024 yang tahapannya insyallah dilakukan diakhir tahun 2022," jelasnya. (*)

Penulis: Rizki Kurnia
Editor: Try Juliansyah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved